Sukses

Gejala Kanker Getah Bening

10 Apr 2016, 20:58 WIB
Pria, 27 tahun.

selamat siang bapak / ibu dokter a saya ingin bertanya bagai mana ciri dari tumor getah bening dan bagai mana cara untuk mendekteksinya serta di bagian tubuh mana saja letak kelenjar getah bening itu sendir sekian dan terimakasih salam

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih Anda telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kelenjar getah bening(KGB) merupakan bagian dari sistem getah bening, yang merupakan bagian dari sistem kekebalan tubuh dalam melawan infeksi. KGB dapat ditemukan di seluruh tubuh, namun yang sering kali dapat teraba jika terjadi pembesaran adalah di daerah leher, ketiak dan lipat paha(inguinal). KGB dapat membesar karena adanya penyakit atau infeksi, namun dapat juga membesar tanpa sebab yang jelas. Kelenjar getah bening dapat membesar karena adanya peningkatan limfosit atau makrofag sebagai respon kekebalan tubuh dari adanya agen infeksi (bakteri atau virus), karena keganasan kelenjar itu sendiri ataupun (limfoma), karena penumpukan bakteri, virus, jamur, ataupun sel-sel metastatis (sel sebar kanker dari paru, hidung, payudara) pada kelenjar tersebut.

Ketika kelenjar getah bening mengalami kanker, maka yang terjadi adalah sel limfosit (sejenis sel darah putih) yang sebelumnya normal menjadi abnormal dan ganas. Seperti halnya limfosit normal, limfosit ganas dapat tumbuh pada berbagai organ dalam tubuh termasuk kelenjar getah bening, limpa, sum-sum tulang, darah maupun organ lainnya.

Pada beberapa kondisi, karena pertumbuhan sel yang abnormal yang ada tersebut menjadikan muncul benjolan di beberapa titik tubuh yang terdapat posisi kelenjar getah bening. Akibatnya, mekanisme daya tahan tubuh menjadi terganggu, tubuh jadi relatif lebih sering terkena penyakit.

Sampai saat ini banyak teori yang menyebutkan faktor risiko kanker namun belum ada satupun yang diyakini secara pasti dan tunggal sebagai penyebab kanker, termasuk kelahiran prematur. Jadi kelahiran prematur Anda belum tentu ada kaitannya dengan kanker kelenjar getah bening yang Anda alami. Pada dasarnya penyebab kanker adalah multifaktorial, lebih dari satu faktor.

Untuk mendeteksi adanya kanker getah bening, anda dapat terlebih dahulu melakukan pemeriksaan kepada dokter (setelah menjelaskan keluhan apa yang anda rasakan). Jika dibutuhkan, dokter nantinya dapat menganjurkan pemeriksaan penunjang diagnostik untuk mencari ada tidaknya kanker getah bening yang anda alami.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar