Sukses

Flek Saat Hamil 9 Minggu
18 May 2015, 10:01 WIB
Wanita, 39 tahun.

pagi dok saya hamil 9 minggu anak yg ke 2 anak pertama saya sdh 7 thn dan keluar darah seperti baru pertama haid (seperti Flek )apakah itu berbahaya dok? dan USG idealnya pada usia kandungan berapa bulan dok terimakasih

dr. Melyarna Putri

Dijawab Oleh:

dr. Melyarna Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-Konsultasi Tanya Dokter KlikDokter.com.

Keluarnya bercak darah atau flek saat hamil memang perlu mendapat perhatian lebih karena dapat menjadi pertanda suatu bahaya bagi janin yang dikandung, namun memang pada 20-30% wanita hamil terkadang dapat mengalami flek-flek perdarahan yang biasa terjadi di awal kehamilannya (3 bulan pertama kehamilan). Beberapa hal yang dapat menyebabkan timbulnya flek-flek selama kehamilan diantaranya adalah:

  • Melakukan hubungan seksual selama kehamilan. Biasanya flek-flek darah akan timbul setelah melakukan hubungan seksual saat hamil karena saat hamil serviks (leher rahim) wanita dialiri oleh lebih banyak darah dibandingkan oleh wanita yang tidak hamil, karena itu serviks wanita yang sedang hamil lebih mudah berdarah
  • Keguguran 
  • Kehamilan di luar kandungan (kehamilan ektopik)
  • Blighted Ovum (BO). Merupakan suatu kelainan dimana janin di dalam rahim gagal untuk berkembang
  • Infeksi saluran reproduksi oleh jamur, parasit, ataupun bakteri
  • Plasenta previa atau Solusio plasenta (pelesapan plasenta dari dinding rahim). Merupakan penyebab perdarahan yang biasanya terjadi pada trimester kedua atau ketiga kehamilan.

Keluarnya flek salah satunya dapat disebabkan abortus iminens. Abortus iminens adalah tahap awal abortus di mana mulut rahim masih tertutup dan kehamilan umumnya masih dapat dipertahankan dengan obat penguat kandungan. Kami sarankan agar Anda banyak beristirahat dan melakukan tirah baring. Jangan terlalu lelah bekerja.  Berkonsultasilah kembali kepada dokter kandungan Anda jika flek semakin banyak.

Terdapat obat yang dapat digunakan untuk memperkuat kehamilan pada trimester pertama kehamilan. Penggunaan obat ini ditujukan untuk menguatkan perlekatan janin ke rahim sehingga dapat meminimalisir resiko keguguran atau abortus pada trimester pertama kehamilan.

Demikian informasi yang dapat disampaikan. Semoga dapat bermanfaat. 

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar