Sukses

Obat Hipertensi Sebabkan Kaki Bengkak?

18 May 2015, 07:34 WIB
Wanita, 20 tahun.

Dok mama sy hiperntsi mngkonsumsi amlodipin sm simvastatin, tp Kakinya jd bengkak klo bnyk aktvitas.solusinya gmana ya dok?

Ibu/Saudari yang terhormat,

 

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi KlikDokter.

 

Halo! Salam kami untuk Ibunda Anda. Kami memahami kekhawatiran Anda.

Sebelum menjawab pertanyaan Anda ada beberapa hal yang perlu kami ketahui:

  • Sudah berapa lama Ibu menderita hipertensi?
  • Apakah selama ini kontrol teratur?
  • Apakah tekanan darah Ibu selama ini terkontrol? Berapa tekanan darahnya selama ini?
  • Apakah sudah pernah melakukan pemeriksaan secara keseluruhan (fungsi ginjal, fungsi jantung)?

 

Keluhan kaki bengkak bisa saja berhubungan dengan gangguan ginjal atau jantung. Selain gangguan jantung dan ginjal, bengkak juga bisa terjadi pada orang yang hipoalbuminemia (kekurangan protein dalam darah) dan pada orang yang memiliki berat badan berlebih.  Pada orang yang owerweight, bisa terjadi penumpukan cairan di tungkai bila berdiri terlalu lama (keluhan bengkak biasanya tidak berat) dan menghilang bila tungkai diangkat. Bagaimana dengan Ibu Anda?

 

Kami menyarankan Anda agar Anda membawa Ibunda ke dokter, agar dapat dipastikan penyebabnya. Mungkin diperlukan juga pemeriksaan penunjang seperti menilai kadar albumin (protein darah) dan pemeriksaan urin dan darah untuk mengetahui fungsi ginjal.

 

Semoga keluhan yang dialami Ibunda dapat segera teratasi!

 

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat. (JF)

 

Salam sehat selalu,

 

Tim Redaksi KlikDokter

0 Komentar

Belum ada komentar