Sukses

Testis Belum Turun?

18 May 2015, 10:11 WIB
Pria, 34 tahun.

sy ayah 2 anak,testis hanya satu, kadang satunya suka mucul dibawah perut seperti kelenjar dan saat itu timbul rasa sakit seperti testis yang ditekan. hal ini mulai dirasakan sejak usia 12 thn. saat diperiksa dokter tidak ada tindakan karena sedang tidak sakit. saran dokter tdk boleh kerja berat. pengobatan apa yang harus dilakukan?

dr. Melyarna Putri

Dijawab Oleh:

dr. Melyarna Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-Konsultasi Tanya Dokter KlikDokter.com.

Testis yang belum ada di tempatnya dapat didiagnosis sebagai cryptorchidism/undesensus testes atau retraktil testis. Sangat sulit membedakan retraktil testis dengan undesensus testes secara klinis. Dokter perlu dilakukan pemeriksaan fisik dan pemeriksaan penunjang untuk membedakannya. 

Pada retraktil testis tidak diperlukan tindakan pembedahan karena keluhan akan hilang dengan sendirinya pada saat pasien menginjak masa pubertas atau dengan manipulasi agar testis turun ke dalam skrotum. Pada cryptorchidism/undesensus testes, testes akan turun dengan sendirinya pada usia di bawah 1 tahun, namun jika setelah 1 tahun testis tidak turun maka diperlukan penanganan terapi hormon atau pembedahan.

Jika tidak segera didiagnosis dan dilakukan penanganan yang tepat, baik retraktil testis maupun cryptorchidism/undesensus testes dapat menyebabkan timbulnya infertilitas dan keganasan dalam perkembangannya.

Penanganan untuk tindakan kondisi ini dilakukan oleh dokter spesialis bedah urologi. Pada umumnya tindakan dapat dilakukan di rumah sakit besar di kota besar yang memiliki fasilitas memadai. Untu pencarian dokter dapat menggunakan direktori dokter di website kami klikdokter.com.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat. 

Salam,

    0 Komentar

    Belum ada komentar