Sukses

Flu Menahun

08 Apr 2016, 17:32 WIB
Wanita, 16 tahun.

Dok, Januari 2014 saya mimisan beruntun 1 minggu. Setelah itu saya flu setahun penuh. Januari 2015 saya priksa, kata dokter hanya alergi debu. Saya minum obat & pake masker. Tpi skrg malah jdi sering perih sendiri, sakit, cairan yg keluar tidak terkontrol.... Apa ada sakit yg lain?

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami memhami kekhawatiran yang Anda rasakan. 

Bersin-bersin atau keluar cairan dari hidung yang terjadi dalam jangka panjang sering terjadi pada penderita rhinitis alergi. Penderita rhinitis alergi bersin bila terkena cuaca dingin, terkena debu, atau terkena aroma-aroma tertentu. Sekali episode bersin bisa berkali-kali hingga >5x, disertai dengan keluhan gatal, dan keluar ingus yang bening dan encer.

Saran dari kami adalah jika anda telah memeriksakan diri ke dokter maka ikutilah anjuran terapi yang telah diberikan dokter anda, dan tak lupa juga menlakuan kunjungan ulang (kontrol) kepada dokter secara berkala.

Pencegahan yang dapat Anda lakukan adalah dengan menghindari udara dingin (kenakanlah pakaian yang tebal atau jaket pada saat cuaca dingin), menghindari debu (rajin membersihkan kamar, ganti sprei 1x seminggu, mengganti kasur kapuk menjadi busa, menghindari boneka) dan menghindari binatang peliharaan atau alergen (pencetus alergi) lain yang anda kenali dapat mencetuskan alergi anda.

Demikian informasi kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar