Sukses

Bahayakah Banyak Makan Telur Dalam Sehari?

08 Apr 2016, 17:36 WIB
Wanita, 19 tahun.

Selamat malam. saya seorang mahasiswa kebetulan sedang kost. karena saya ngekost pola makan saya menjadi tidak teratur dan terkesan suka-suka saya mau makan/tidak atau makan apa. nah, saya sangat menyukai telur. saya sering makan telur mungkin dalam seminggu saya bisa mengkonsumsi minimal 5 butir telur. bahkan kalau sedang malas mencari makan diluar dan dikost sudah stok telur, saya makan telur 3x dalam sehari. apakah itu berbahaya bagi saya?

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Telur sangat baik untuk tubuh karena mengandung kandungan protein yang tinggi, terutama pada putih telur.  Dalam satu butir telur ayam mengandung per 100 g mengandung 165 kalori, protein 12,8 g, lemak 11,5 g, zat kapur (Ca) 54 mg, zat besi 2,7 mg, dan vitamin B1 0,1 mg.Telur sebaiknya dikonsumsi dalam kondisi matang/sudah dimasak, hal ini bertujuan untuk mengindari terinfeksi kuman Salmonella enteritidis.

Namun, telur dikenal pula sebagai salah satu bahan makanan yang paling sering menimbulkan alergi. Jika anda mempunyai riwayat alergi terhadap telur, maka langkah yang teoat adalah menghindari tekur dan produk mengandung telur lainnya untuk mencegah reaksi alerginya kambuh. Namun bila, tidak maka aman untuk megkonsumsi telur.

Dalam satu hari idealnya adalah mengkonsumsi 1 butir telur, karena konsumsi yang terlalu banyak pun dapat menyebabkan peningkatan kolestrol di darah karena telur mengandung kolestrol, apalagi jika hal tersebut telah menjadi kebiasaan anda sehari-hari. 

Berikut kami lampirkan artikel seputar telur:

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar