Sukses

BAB Anak Tidak Lancar

08 Apr 2016, 16:55 WIB
Pria, 5 tahun.

Sore Dokter, Saya mempunyai anak yang bermasalah dg BAB , BAB nya sering tidak lancar dan kadan nempel di celana, sya sudah bbrpa kali konsul dngan dkter anak, dikasih obat dan disrankan konsumsi tahu dan tempe, tapi tetap aja , anak saya masih minum susu dancow. apa sebenarnya yang terjadi...

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih atas pertanyaan anda

Kami mengerti kekhawatiran yang anda rasakan. Pada dasarnya seharusnya BAB anak tidak sembelit.

Kesukaran buang air besar pada bayi memang memusingkan. Ada beberapa hal yang dapat menyebabkan BAB sulit pada bayi, terutama yang mengkonsumsi susu formula yaitu konsumsi susu formula dengan kadar zat besi tinggi, susu formula dengan kandungan lemak nabati misalnya kelapa sawit, dan pembuatan susu formula terlalu pekat.

Jadi perlu diperhatikan kembali jenis susu formula yang dikonsumsi dan bagaimana pembuatan dan penyajiannya. Namun itu jika anak anda mengkonsumsi susus formula, pada kasus anda penyebab lain meliputi lebih banyak konsumsi lemak, karbohidrat, dan kurang makanan yang mengandung serat juga dapat menyebabkan kesulitan buang air besar.

Kami menyarankan jika anak anda tidak BAB dan mengalami perut kambung agar anda membawa anak anda ke dokter anak untuk dilaukan pemeriksaan langsung.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat. 

Salam,

    0 Komentar

    Belum ada komentar