Sukses

BAB Lembek dan Mudah Lelah
08 Apr 2016, 14:07 WIB
Wanita, 25 tahun.

siang dokter. saya iin usia saya 25th, skrg saya sedang hamil usia 9 minggu. yang mau saya tanyakan agak sedikit terbuka, hehehe. saya pup terkadang agak encer, terkesan spt diare, itu kenapa ya dok? trus sya sering merasa lelah dan teerkadang saya gak mau ngapa2in, padahal biasanya tidak seperti itu. bisa minta solusi nya dok? terima kasih

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih karena Anda telah menggunakan fasilitas e-Konsultasi Tanya Dokter dari KlikDokter.com.

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan. Berhubungan dengan warna dan konsistensi feses (tinja), dua-duanya sangat dipengaruhi pola makan dan makanan apa yang dikonsumsi. Kandungan BAB kita sekitar 75% adalah air. Selebihnya adalah terdiri dari kombinasi fiber atau serat, bakteri yang hidup atau yang sudah mati, berbagai macam sel tubuh dan lendir.

Ada yang disebut Bristol Stool Chart yang akan membantu kita untuk menggolongkan BAB, menurut Bristol Stool Chart ini, BAB tipe 3, 4 dan 5 seperti sosis atau seperti ular, licin dan lembut yang memungkinkan BAB itu keluar dengan lancar dan mudah. 

Fiber atau serat cenderung membuat volume BAB menjadi lebih banyak dan seperti perekat yang akan membuat BAB itu menjadi satu potongan besar bukan potongan kecil. Jika BAB nya lembek,bahkan menjadi seperti air atau diare, ini mungkin behubungan dengan intoleransi terhadap laktosa / lactose (banyak terdapat dalam susu) intolerance, pemanis buatan (gula sorbitol) atau reaksi terhadap fruktosa dan gluten (banyak dalam bahan ketan).

Jika keluhan ini Anda rasakan sangat mengganggu, Kami sarankan Anda memeriksakan diri kepada dokter terdekat. Namun selama konsistensi kotoran tidak cair (diare) atau justru sembelit (konstipasi), berlendir, berbusa, atau mengeluarkan darah, maka BAB dengan konsistensi lembek bukanlah hal yang harus Anda khawatirkan.

Sedangkan untuk keluhan mudah lelah, perlu kami tanyakan sebelumnya. Bagaimana pola makan anda selama kehamilan ini?

Wanita hamil harus mengonsumsi makanan bergizi lengkap (karbohidrat, protein, lemak, serat, vitamin dan mineral) dengan banyak variasi. Kurangnya asupan zat gizi saat hamil dapat mengganggu proses tumbuh kembang janin dalam kandungan. Setiap wanita hamil membutuhkan tambahan kalori sekitar 300 kalori/hari. Kalori tersebut digunakan untuk metabolisme tubuh ibu dan pertumbuhan serta perkembangan janin. Nasi merupakan sumber karbohidrat utama dalam makanan. Jika tidak dapat mengkonsumsi nasi, maka anda sumber karbohidrat lain yang dapat menggantikan nasi adalah seperti kentang, roti, jagung, ubi, kacang-kacangan, spaghetti, dll. Pastikan kebutuhan gizi anda lengkap, sehingga tidak menimbulkan masalah kesehatan bagi perkembangan dan pertumbuhan janin.

Kami sertakan artikel kami yang berjudul Makanan Selama Kehamilan dan Nutrisi Kehamilan. yang dapat Anda baca untuk informasi lebih lanjut mengenai makanan pada ibu hamil.

Baca pula artikel artikel berikut untuk menambah informasi Anda.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar