Sukses

Menstruasi Tidak Teratur Pasca KB Suntik

29 Aug 2015, 06:58 WIB
Wanita, 28 tahun.

saya haid bulan maret sebulan dua kali, april kemarin tidak haid, bulan mei ini saya haid tgl 1 dan selesai tgl 9, tapi tgl 12 kemarin saya haid lagi dan banyak darah haidnya.apa karena saya lepas kb suntik 3 bulanan ya?tp itu sudah sejak akhir tahun 2014 dok.cara mengatasinya gimana?cara agar haid bisa normal kembali bagaimana?

dr. Mega Putri

Dijawab Oleh:

dr. Mega Putri

Terima kasih karena Anda telah setia menggunakan fasilitas KlikDokter.com.

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan. Izinkan kami menjelaskan berbagai efek samping dari penggunaan KB suntik.  Efek samping dari penggunaan KB tersebut bermacam-macam seperti meningkatkan berat badan karena nafsu makan yang meningkat, lapisan dari lendir rahim menjadi tipis sehingga haid sedikit, bercak atau tidak haid sama sekali, perdarahan tidak menentu, suntikan harus dilakukan oleh tenaga kesehatan secara teratur, tidak melindungi dari PMS peningkatan berat badan, rambut rontok, tulang menjadi keropos, kelainan metabolisme lemak, ketidakteraturan menstruasi termasuk menometroragi (haid yang banyak dan lama) (umumnya beberapa bulan pertama) dan amenorea (1 tahun pertama), jika pemakaian suntikan KB dihentikan, siklus menstruasi yang teratur akan kembali terjadi dalam waktu 6 bulan-1 tahun.

Untuk waktu hilangnya efek samping bisa beberapa hari, bulan hingga tahunan karena dapat terjadi perubahan hormonal. Bila gangguan ini terus berlangsung kami anjurkan Anda kembali konsultasi dengan dokter spesialis kandungan dan kebidanan. 

Kami lampirkan beberapa artikel untuk Anda baca:

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga informasi ini bermanfaat.

Salam,

    0 Komentar

    Belum ada komentar