Sukses

Plasenta Berada Dibagian bawah Rahim

06 Apr 2016, 19:00 WIB
Wanita, 25 tahun.

Selamat Pagi Mau tanya dok, apakah plasenta berada dibawah rawan akan pendarahan? hal-hal apa saja yah yang bisa menyebabkan pendarrahan dan bagaimana solusinya? Terima Kasih

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan ekonsultasi klikdokter.

Plasenta di bawah dalam dunia medis dikenal dengan nama plasenta previa. Plasenta previa adalah kondisi dimana plasenta (ari-ari) berada pada lokasi yang tidak seharusnya yaitu di segmen rahim bagian bawah atau dekat dengan jalan lahir. Hal ini umumnya mulai diwaspadai apabila terjadi menjelang trimester ketiga. 

Kondisi plasenta berada di bawah hanya diobservasi saja sampai plasenta bergeser sendiri ke tempatnya yang benar (bagian atas rahim) karena rahim anda saat ini masih berkembang. Memang pada kondisi ini anda sebaiknya tidak terlalu lelah dan sebaiknya tidak melakukan hubungan intim sampai plasenta berada pada posisi yang benar karena adanya risiko perdarahan.

Apabila ari-ari masih berada di bawah sampai usia kehamilan anda cukup bulan (37-42 minggu) maka kemungkinan besar dokter anda akan menyarankan operasi caesar untuk prosesi melahirkan. Berkonsultasilah ke dokter anda selalu dan lakukan pemeriksaan rutin USG untuk mengobservasi kondisi ini.

Sekian, semoga membantu.

Salam,

    0 Komentar

    Belum ada komentar