Sukses

Nyeri Payudara Pasca Operasi Pengangkatan Tumor

06 Apr 2016, 14:37 WIB
Wanita, 28 tahun.

Sebelumnya saya sudah berkonsultasi di sini mengenai benjolan yang ada di payudara kanan saya yang sakit dan nyeri. Sesuai dengan saran dari KlikDokter di sini. Saya sudah menjalani pemeriksaan fisik langsung oleh dokter bedah tanpa melalui pemeriksaan mammografi dan USG terlebih dahulu, saat ini saya sudah 2 bulan menjalani operasi pengangkatan tumor jinak tersebut. Namun setelah sebulan lebih, kok payudara sebelah kiri saya yang justru merasakan sakit. Padahal yang sudah dibedah kan pada payudara sebelah kanan yang juga kadang masih terasa nyeri. Itu kenapa yah, dok? Apakah ada pengaruhnya dengan bagian di sebelahnya, atau kah bisa muncul benjolan baru? Namun ketika saya memeriksa-nya sendiri, benjolannya masih samar-samar dan belum tau di mana letaknya. Padahal saat ini saya masih menjalani pemulihan pasca operasi. Apa yang harus saya lakukan, dok? Terima kasih.

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kelainan payudara yang umum pada wanita muda adalah fibroadenoma mamae. FAM  (Fibroadenoma mammae) merupakan kasus terbanyak pada tumor payudara. Kejadiannya dapat berbentuk tunggal atau banyak pada satu payudara atau kedua payudara. Karakter FAM antara lain teraba, padat, kenyal, dapat digerakkan dari jaringan sekitarnya (mobile), bentuk bulat, lonjong, berbatas tegas, tidak nyeri, kuit payudara diatasnya tidak berubah, pertumbuhan lambat dan tidak menyebar seperti kanker payudara.

Tumor jinak payudara (FAM) adalah benjolan pada payudara yang biasanya merupakan gumpalan lemak yang terbungkus dalam suatu wadah yang menyerupai kantong yang sifatnya jinak dan tidak menyebar ke bagian lain pada tubuh. FAM lebih banyak di derita oleh wanita yang berumur sekitar 16 tahun – 30 tahun dan dapat berulang. Terapi utama untuk FAM adalah dengan pengangkatan tumor (operasi).

Nyeri yang Anda keluhkan bisa disebabkan oleh berbagai macam penyebab, misalnya akibat kambuhnya tumor jinak atau nyeri akibat luka operasi. Untuk itu, sebaiknya Anda segera memeriksakan diri kepada dokter terdekat agar dapat diketahui segera penyebab keluhan yang Anda rasakan. Sementara itu, Anda dapat mencoba melakukan pemeriksaan sendiri apakah teraba ada benjolan atau tidak.

Kami lampirkan beberapa artikel terkait kesehatan payudara:

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat.

Salam,

    0 Komentar

    Belum ada komentar