Sukses

Pembengkakan di Daerah Kemaluan

29 May 2015, 14:34 WIB
Wanita, 22 tahun.

Dok, saya mengalami pembengakakan di bagian luar daerah wanita. ini kedua kalinya saya terkena pembengkakan seperti itu. yg pertama bisa hilang sendiri tapi yg kedua ini lama hilangnya. dan agak besar dari yg pertama. itu membahayakan atau tidak yah? terimakasih

dr. Citra Roseno

Dijawab Oleh:

dr. Citra Roseno

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami memahami kekhawatiran Anda.

Bengkak pada daerah manakah tepatnya yang anda maksudkan? Terdapat beberapa penyakit yang dapat menyebabkan benjolan/bengkak pada daerah vagina, dalam hal ini bibir vagina. Dalam dunia medis, semua benjolan disebut tumor. Secara garis besar benjolan (tumor) dibedakan menjadi tumor jinak atau ganas. Berikut ini beberapa penyakit yang dapat menyebabkan benjolan pada bibir vagina:  

  1. Kista Bartholin/abses kelenjar Bartholin. Kista ini berasal dari kelenjar bartholin yang tersumbat. Setiap wanita memiliki sepasang kelenjar bartholin pada bibir vagina. Kelenjar yang tersumbat menyebabkan munculnya benjolan (kista) dan dapat pula terinfeksi sehingga meradang. Bila sudah radang, maka benjolan akan menjadi nyeri, kemerahan, dan hangat. Bila terdapat nanah kemungkinan sudah menjadi abses/bisul.
  2. Fibroma: tumor jinak yang berasal dari jaringan ikat pada bibir vagina
  3. Lipoma: tumor jinak yang berasal dari jaringan lemak.
  4. Sarkoma: tumor ganas yang berasal dari jaringan ikat.
  5. Adenocarcinoma Bartholin: tumor ganas dari kelenjar Bartholin  

Untuk memastikan penyebab bengkak yang Anda alami, kami sarankan Anda memeriksakan diri ke dokter spesialis kebidanan dan kandungan agar dapat dilakukan pemeriksaan fisik langsung untuk menilai lokasi dan karakteristik bengkak yang dimaksud, penegakkan diagnosis, dan terapi yang optimal. 

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar