Sukses

Keluar Cairan dari Penis

12 May 2015, 13:36 WIB
Pria, 26 tahun.

Pagi dok, Sy 2 malam ini mngalami gatal di saluran kencing dan jg saluran pencernaan...diikuti dgn seringnya buang air kecil,saya memang jeang minum air putih rerata hnya 3gelas biasa,yg jd cemas nya saya keluar cairan kuning dri kelamin sy.. Saya belum pernah sakit kemih atau batu sebelumnya,memang trkhir sy berhub seks tanpa menggunakan pengaman... Apa yg ba sy lakukan ut mengobatinya dok ? Mohon bantuan untuk referensi antibiotik atau obat yg bs sy gunakan ? Terima kasih.

dr. Karin Wiradarma

Dijawab Oleh:

dr. Karin Wiradarma

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Tanya Dokter di KlikDokter.com.

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan.

Cairan keluar dari penis dapat terjadi secara normal (fisiologis) atau tidak normal (patologis). Secara fisiologis, pengeluaran terjadi saat laki-laki terangsang secara seksual. Cairan ini bersifat pelumas sebelum ejakulasi. Pada pria yang belum disunat, dapat terjadi penumpukan smegma di kulup (frenulum) dan bergabung dengan cairan pelumas ini, sehingga dapat terlihat bercak putih. Bila rangsangan diteruskan, dapat terjadi ejakulasi pada pria yang mengeluarkan cairan mani.
 
Secara patologis, cairan keluar saat tidak ada rangsangan seksual. Cairan dapat bersifat putih kehijauan atau bening. Keluarnya cairan yang patologis dapat disebabkan oleh infeksi menular seksual ataupun infeksi saluran kemih. Biasanya selain keluhan keluarnya cairan dari kemaluan juga disertai dengan keluhan nyeri saat berkemih,perasaan tidak tuntas saat berkemih, sering berkemih/anyang-anyangan, dan lain sebagainya.
 
Kami sarankan Anda untuk berkonsultasi kepada dokter  untuk dapat dievaluasi dan mendapatkan terapi lebih lanjut. Keluhan yang Anda alami tersebut dapat merupakan tanda dari infeksi kelamin ataupun infeksi saluran kemih, dan harus dipastikan dulu dengan pemeriksaan fisik dan laboratorium oleh dokter.

Demikian informasi ini kami sampaikan, semoga bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar