Sukses

Benjolan di Bawah Telinga Anak

12 May 2015, 07:48 WIB
Wanita, 31 tahun.

Putra ke3 kami baru berusia 2th. Di leher tepatnya bawah telinga terdapat benjolan. Warnanya sama spt warna kulit. Lunak. Kira" apa penyebabnya? Bahayakah utk pertumbuhannya? Dari usia 0bln ia sering muntah dlm jumlah banyak. Dan itu hampir setiap hari. Ada hubungannya sama benjolan tadi atau tidak? Trimakasih untuk jawabannya.

dr. Karin Wiradarma

Dijawab Oleh:

dr. Karin Wiradarma

Terima kasih telah menggunakan layanan e-Konsultasi Tanya Dokter KlikDokter.com.

Kami memahami kekhawatiran Anda. Benjolan di bawah telinga anak Anda kemungkinan besar dapat berupa kista lemak maupun pembesaran kelenjar getah bening. Kelenjar getah bening berperan penting dalam melindungi tubuh dari infeksi. Saat terjadi infeksi, misalnya batuk-pilek, infeksi amandel, tenggorokan, atau infeksi dalam telinga, kelenjar getah bening di sekitar daerah tersebut akan membengkak.

Umumnya, pada bayi maupun anak kecil, kelenjar-kelenjar kecil tersebut dapat teraba walaupun tidak ada infeksi. Jadi, hal ini tidak perlu dikhawatirkan, sepanjang benjolan tersebut tidak bertambah besar, atau terlihat tanda-tanda radang (merah, nyeri).

Keluhan muntah sejak lahir kemungkinan tidak ada hubungannya dengan benjolan tersebut. Namun memang perlu dipastikan terlebih dahulu dengan pemeriksaan. Apakah anak Anda mengalami alergi susu sapi? Lancarkah buang air besarnya? Untuk memastikan penyebab dari keluhan anak Anda, Anda dapat berkonsultasi dengan dokter anak.

Demikian informasi ini kami sampaikan, semoga bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar