Sukses

Sakit Kepala dan Hipotensi

06 Apr 2016, 07:45 WIB
Wanita, 26 tahun.

Saya sudah 4hari ini mengalami nyeri kepala. Setelah saya tensi, tensi darah sy 80/60. Menurut dokter td saya periksa, saya mengalami darah rendah. Tapi sakit kepala sebelah kiri saya sprti kesetrum dg intensitas 1menit apalagi ketika saya memakai helm, rasanya smakin sakit. Apkah sakit kepala saya ada hubungannya dg penyakit syaraf? Saya tdk demam dan tidak muntah, hanya mata kiri saya merasakan sdkit panas. Terimakasih

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi KlikDokter.

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan.

Sebelum kami melanjutkan, ada beberapa hal yang perlu kami tanyakan: bagaimana sifat rasa sakit (berdenyut atau seperti ditekan benda berat)? Kapan saja rasa sakit dirasakan? Adakah pemicu yang membuat sakit kepala muncul? Adakah gejala-gejala lain yang menyertai sakit kepala Anda?

Saat ini penting untuk mengenali jenis sakit kepala Anda, apakah termasuk yang berbahaya atau tidak. Sakit kepala terbagi dua: sakit kepala primer dan sakit kepala sekunder. Sakit kepala primer adalah sakit kepala tanpa penyebab yang jelas dan tidak berhubungan dengan penyakit lain. Contohnya adalah sakit kepala tipe tensión, migren atau cluster.  Sakit kepala sekunder adalah sakit kepala yang disebabkan oleh penyakit lain. Contohnya adalah infeksi virus, adanya pendesakan di dalam tengkorak oleh tumor, cairan otak, darah, dan kematian jaringan otak serta stroke. Masing-masing memiliki gejala yang berbeda-beda dan juga memiliki respon yang berbeda-beda terhadap pengobatan anti nyeri.

Apakah Anda sudah mengkonsumsi obat saat mengalami sakit kepala? Jika Anda telah mencoba mengonsumsi anti nyeri biasa dan tidak terlalu berpengaruh maka perlu dipertimbangkan penyebab sakit kepala sekunder dan perlunya dilakukan pemeriksaan penunjang (Pemeriksaan Laboratorium, MRI, dll).

Saat ini, Anda dapat mengunjungi dokter umum terlebih dahulu untuk menentukan jenis sakit kepala yang Anda alami dan menentukan apakah perlu dilakukan pemeriksaan penunjang.

Untuk informasi lengkap, kami sertakan artikel yang berjudul: Sakit KepalaSakit Kepala (Headache)Sakit Kepala Migrain.

Tekanan darah normal adalah 120/80 mmHg. Tekanan darah rendah (hipotensi) merupakan suatu keadaan dimana tekanan darah rendah hingga dibawah 90/60 mmHg, walau tekanan darah memang bervariasi untuk setiap orang, bisa saja ada yang tekanan darahnya 80/60 namun tidak merasakan apa-apa. Gejala yang dapat muncul saat tekanan darah rendah adalah pusing hingga pingsan, sulit berkonsentrasi, mual, lemas, kaki dan tangan dingin, depresi hingga rasa haus yang berlebih. Tekanan darah rendah dapat disebabkan oleh banyak hal yang tidak serius, hingga beberapa penyakit seperti kelainan jantung, kehamilan, gangguan hormonal. 

Beberapa hal yang dapat anda lakukan untuk membantu meningkatkan tekanan darah adalah : 

  1. Konsumsi makanan dengan garam

  2. Banyak minum air, hindari alkohol

  3. Makan yang lebih sehat (porsi lebih sedikit, namun lebih sering, dengan kandungan karbohidrat yang tinggi)

Bila memang dengan tekanan darah tersebut Anda tidak merasakan keluhan seperti pusing, pusing saat bangun dari kursi maka tidak perlu dikhawatirkan. Namun bila memang Anda merasakan gejala, Anda dapat mengunjungi dokter untuk pemeriksaan langsung.

Berikut kami lampirkan beberapa artikel untuk menambah wawasan Anda terkait tekanan darah:

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

Salam

0 Komentar

Belum ada komentar