Sukses

Penyakit Kulit

06 Apr 2016, 07:47 WIB
Pria, 22 tahun.

Permisi dok, saya mau menanyakan tentang penyakit kulit yang saya alami ini. Langsung pada pertanyaan, saya mengalami penyakit kulit yang berbentuk seperti bulatan berwarna merah dan bagian tengah dari bulatan itu berwarna gelap, bagian luar yang berbentuk ingkaran merah itu semakin hari semakin membesar dan kemudian hilang sekitar 1-2 minggu. Saya mencoba mengoleskan daktarin ke bagian tersebut karena beberapa orang mengatakan bahwa itu diakibatkan oleh jamur pada kulit. Memang setelah saya oleskan daktarin pada bagian yang terinfeksi sekitar 1 minggu, bagian luar yang berwarna merah itu berangsur hilang, namun kendalanya adalah bagian tengah itu tetap berwarna hitam dan tak kunjung memudar. Saya telah mengalami ini lebih dari 5 kali di berbagai tempat berbeda di badan saya, dan timbulnya kembali penyakit kulit ini memang terhitung lama, sekitar 5-6 bulan. Jadi yang ingin saya tanyakan adalah: 1. Apa nama penyakit kulit yang saya derita? 2. Apa penyebabnya? 3. Bagaimana cara mengatasi dan mencegahnya? 4. Bagaimana cara menghilangkan bercak hitam yang tersisa dari penyakit itu? Sekian pertanyaan dari saya, saya sampaikan terima kasih yang sebesar besarnya. Saya tunggu jawaban dari dokter. Terima Kasih

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.com

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan. Secara umum, penyakit kulit dapat terjadi karena banyak hal, entah alergi, kelaninan pembuluh darah atau karena infeksi (misal: virus). Jika memang karena alergi atau karena kondisi tubuh tertentu, memang tidak dapat hilang sepenuhnya karena mekanisme alergi memang akan selalu muncul selama hal-hal yang menyebabkan alergi tersebut mengenai orang bersangkutan.

Yang perlu Anda ketahui adalah penyebab munculnya keluhan ini, kapan saja muncul, sehingga dapat dihindari dan dicegah. Apakah karena obat atau hal-hal atau benda-benda tertentu. Perlu dilihat juga bila disebabkan karena kelainan pembuluh darah atau pembekuan darah atau tidak.

Kelainan kulit akan lebih baik jika didiagnosis melalui pemeriksaan langsung karena sulit bagi kami untuk menentukan diagnosis dengan informasi yang terbatas. Kami sarankan Anda kembali mengunjungi dokter specialis kulit dan kelamin  saat keluhan bercak merah terjadi agar dapat dilakukan pemeriksaan fisik langsung saat terjadi gejala. Dengan demikian, anda bisa mendapatkan penanganan yang optimal.

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat.

Salam,

    0 Komentar

    Belum ada komentar