Sukses

Operasi Hymenoplasty

11 May 2015, 21:09 WIB
Wanita, 28 tahun.

Dok,.saya mau operasi perawan,brp biayanya?alamat dokter dimana?

dr. Karin Wiradarma

Dijawab Oleh:

dr. Karin Wiradarma

Terima kasih telah menggunakan layanan e-Konsultasi Tanya Dokter KlikDokter.com.

Selaput dara atau di dalam dunia medis dikenal dengan nama hymen adalah selaput membran mukosa yang berada di depan liang vagina.Selaput dara begitu penting bagi sebagian besar wanita, karena berhubungan dengan keperawanan wanita. Namun, pada beberapa kasus selaput dara dapat rusak akibat trauma atau tindakan kekerasan seksual yang tidak diinginkan sehingga menyebabkan kekhawatiran jiwa akan keutuhan selaput daranya. Dalam medis, terdapat tindakan yang dapat merestorasi kondisi tersebut, tindakan koreksi kerusakan selaput dara disebut dengan hymenoplasty.

Hymenoplasty adalah sebuah prosedur untuk memperbaiki hymen atau selaput dara wanita. Hymen yang mengalami robekan akan dilakukan jahitan halus untuk memperbaiki bentuk dari hymen. Berbeda dengan labioplasty dan vaginoplasty, dimana operasi hymenoplasty hanya fokus untuk merestorasi kondisi selaput dara. Sementara labioplasty dan vaginoplasty bertujuan untuk mempercantik penampilan vagina. (Baca: Merapihkan Kembali Penampilan Vagina dengan Operasi Labioplasty dan Vaginoplasty)

Operasi ini bertujuan untuk memperbaiki hymen yang telah robek oleh berbagai penyebab. Hymenoplasty pada umumnya dilakukan karena alasan moral, budaya atau sosial.  Pada wanita muda, hymen cenderung tipis sehingga mudah robek. Robekan dapat disebabkan karena hubungan seksual atau non-seksual (berolahraga, berkuda, bersepeda, senam).

Secara umum, hymenoplasty terbagi atas 2 jenis prosedur :

  1. Simple hymenoplasty;

Yaitu bila selaput dara masih ada yang tersisa, dilakukan penjahitan sehingga selaput dara kembali ke bentuk semula

  1. Alloplant;

 Dimana tidak ada sisa selaput dara sama sekali dan dilakukan pemasangan selaput dara buatan

Hymenoplasty merupakan prosedur yang aman, namun tidak lepas dari efek samping operasi. Berbagai hal yang dapat dialami oleh pasien yang menjalani operasi ini meliputi perdarahan, penbengkakan, dan rasa nyeri. Namun seharurnya berbagai keluhan ini menghilang setelah beberapa minggu pasca hymenoplasty.

Mohon maaf, mengenai biaya tidak dapat kami sebutkan, karena berbeda-beda untuk setiap dokter dan rumah sakit. Untuk itu, kami anjurkan agar Anda langsung berkonsultasi dengan dokter spesilais kebidanan dan kandungan untuk keterangan lebih lanjut.

Demikian informasi ini kami sampaikan, semoga bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar