Sukses

Penyebab Kaki Bengkak Pada Ibu Hamil

26 Jul 2015, 20:31 WIB
Wanita, 21 tahun.

dok,saya mau tanya tentang larangan ibu hamil tidak boleh tifur pagi,katanya bisa bikin kaki bengkak. itu mitos atau fakta dok mohon penjelasannya. terima kasih.

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Mohon maaf atas keterlambatan kami dalam menjawab konsultasi Anda. Kami sangat senang karena Anda mempercayakan layanan konsultasi kami untuk membantu mengatasi masalah kesehatan Anda.

Tidur pagi tidak ada kaitannya dengan gejala kaki bengkak pada ibu hamil. Pada perempuan yang hamil, kaki bengkak seringkali menjadi keluhan umum di akhir trimester kedua atau ketika memasuki trimester tiga. Sebanyak 75% perempuan hamil akhirnya mengalami keluhan ini, dari derajat yang paling ringan hingga yang berat.

Keluhan kaki bengkak biasanya terjadi di lokasi sekitar pergelangan kaki dan telapak kaki. Bengkak ini dapat memburuk saat cuaca panas atau ketika mencapai penghujung hari, khususnya bila Anda sepanjang hari banyak berdiri atau duduk.

Penyebab kaki bengkak saat hamil pada umumnya karena peningkatan cairan tubuh, baik peningkatan volume darah maupun cairan antar sel, dan bahkan karena adanya cairan ketuban. Pembengkakan derajat ringan yang hanya terjadi di kaki dan membaik dengan istirahat, tidak perlu Anda khawatirkan. Gejala ini masih dapat dianggap normal.

Meskipun bagian paling bawah dari tubuh adalah bagian yang paling sering terkena pembengkakan akibat retensi air ini, akan tetapi tidak tertutup kemungkinan terjadi pembengkakan di daerah tangan bahkan muka. Ini mengacu pada kondisi yang lebih berbahaya. Untuk itu bila anda mengalami yang demikian, segeralah memeriksakan diri kepada dokter spesiaslis kebidanan dan kandungan anda.

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat.

 

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar