Sukses

Hamil Lewat Waktu

26 Jul 2015, 20:33 WIB
Wanita, 24 tahun.

Dok sy ingin tnya knpa ya sdh lewat HPL tp belum juga ada tanda mules atau apapun,adakah halpenting yg harus sy tnyakan kpda bidan yg menangani sy, sbb sy dilanda stress mghadapi prtnyaan keluarga dan teman2 mengenai kpan lahir.tks

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan. Lama kehamilan yang normal adalah antara 37 - 41 minggu. Sebetulnya perkiraan usia kehamilan maupun tanggal kelahiran dengan USG memiliki kemungkinan kesalahan tergantung dari pada triwulan berapa pemeriksaan tersebut dilakukan. Pemeriksaan yang dilakukan pada triwulan pertama memiliki kemungkinan kesalahan perkiraan 3 - 5 hari, pada triwulan kedua 1 - 2 minggu, dan pada triwulan ketiga 2 - 3 minggu. Jadi, bisa saja diperkirakan kehamilan sudah berjalan selama 40 minggu padahal sebetulnya baru 38 minggu.

Beberapa kehamilan memang bisa berlangsung lebih lama dari yang lain (postmaturitas). Sekitar 7% bayi lahir setelah 42 minggu. Masalah yang dapat ditemukan pada kehamilan postmatur ini termasuk suplai nutrien dan oksigen ke plasenta mulai menurun, sehingga ada risiko volume cairan amnion yang turun (berat badan janin tidak bertambah lagi), peningatan risiko sewaktu persalinan karena suplai oksigen yang berkurang, masalah karena bayi yang besar, serta risiko hipoglikemia. Untuk itu keadaan janin harus senantiasa dikontrol.

Periksakanlah keadaan janin ke dokter yang merawat, dokter tersebut akan melakukan pemeriksaan ultrasonografi, perhitungan gerak janin, dan pengukuran denyut jantung janin dengan tokografi. Jika memang ada janin sudah postmatur, mungkin akan dilakukan induksi persalinan dengan obat.

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat.

 

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar