Sukses

Efek Samping IUD

11 May 2015, 10:36 WIB
Wanita, 34 tahun.

Dok saya pk spiral udah 9bln,tp haid saya tidak teratur n kl lagi haid banyak,bisa 6kali sehari tukar pembalut,apa ini normal dok?

dr. Melyarna Putri

Dijawab Oleh:

dr. Melyarna Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Tanya Dokter di KlikDokter.com

Kami memahami kekhawatiran Anda. Siklus menstruasi normal berkisar antara 21-35 hari dan berlangsung selama 3-7 hari. Oligomenorea adalah suatu keadaan dimana siklus menstruasi memanjang lebih dari 35 hari. Sedangkan siklus menstruasi kurang dari 21 hari disebut polimenore. Menorrhagia adalah kondisi dimana darah haid berlebihan dan dapat lebih dari 7 hari; sedangkan metrorhagia adalah kondisi dimana siklus haid tidak teratur, kadang satu bulan bisa 2 kali, kadang 1 kali, bisa juga 3 kali.

Pada penggunaan IUD dapat dijumpai beberapa keluhan diantaranya keluar flek, perasaan mengganjal dan menusuk yang dikeluhkan suami ketika berhubungan seksual, dan perdarahan ( menstruasi memanjang atau banyak). Keluhan pertama dan kedua biasanya dapat ditangani dengan membenarkan posisi IUD di rahim. Namun apabila Anda mengalami perdarahan atau menstruasi yang banyak hal ini apabila terjadi dalam jangka panjang dapat menyebabkan anemia pada Anda. Sebaiknya Anda berkonsultasi dengan dokter kebidanan kandungan untuk pemilihan kontrasepsi lain yang lebih cocok Anda gunakan. 

Demikian informasi yang dapat disampaikan. Semoga dapat bermanfaat. 

Salam,

    0 Komentar

    Belum ada komentar