Sukses

Testis Mengecil

11 May 2015, 11:27 WIB
Wanita, 25 tahun.

Dok, ank saya 8 bulan, laki2. Sy merasa buah zakarnya koq mengecil disbanding dia usia 2 atau 3 bulan, tpi penis normal. Seminggu yg lalu dia sempat panas, apakah mempengaruhi?

dr. Melyarna Putri

Dijawab Oleh:

dr. Melyarna Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-Konsultasi Tanya Dokter KlikDokter.com.

Buah zakar yang ukurannya tidak sesuai kemungkinan dapat disebabkan oleh testis yang belum turun. Bagaimana dengan anak Anda apakah kedua testis sudah turun? Apakah buah zakar terlihat kemerahan? Apabila iya, kemungkinan terjadi infeksi/ orkhitis. Testis yang belum ada di tempatnya dapat didiagnosis sebagai cryptorchidism/undesensus testes atau retraktil testis. Sangat sulit membedakan retraktil testis dengan undesensus testes secara klinis. Dokter perlu dilakukan pemeriksaan fisik dan pemeriksaan penunjang untuk membedakannya. Kami sarankan Ibu membawa anak Ibu ke dokter spesialis urologi untuk diperiksakan.

Pada retraktil testis tidak diperlukan tindakan pembedahan karena keluhan akan hilang dengan sendirinya pada saat pasien menginjak masa pubertas atau dengan manipulasi agar testis turun ke dalam skrotum. Pada cryptorchidism/undesensus testes, testes akan turun dengan sendirinya pada usia di bawah 1 tahun, namun jika setelah 1 tahun testis tidak turun maka diperlukan penanganan terapi hormon atau pembedahan.

Jika tidak segera didiagnosis dan dilakukan penanganan yang tepat, baik retraktil testis maupun cryptorchidism/undesensus testes dapat menyebabkan timbulnya infertilitas dan keganasan dalam perkembangannya.

Demikian informasi yang dapat disampaikan. Semoga dapat bermanfaat. 

Salam,

    0 Komentar

    Belum ada komentar