Sukses

Keputihan pada Anak?

11 May 2015, 07:52 WIB
Wanita, 27 tahun.

Dokter anak sy usia 3,5th.. anak sy seperti terkena keputihan.. apakah normal.. apa tdk berbahaya

dr. Atika

Dijawab Oleh:

dr. Atika

Terima kasih telah menggunakan layanan e-Konsultasi Tanya Dokter KlikDokter.com,

Keputihan dapat terjadi pada siapa saja, termasuk pada balita, bahkan bayi. Keputihan adalah semua cairan yang keluar dari vagina selain darah. Keputihan dibedakan menjadi dua, yaitu keputihan fisiologi atau normal dan patologis atau penyakit.

Cairan vagina normal memiliki ciri-ciri antara lain warnanya putih jernih, bila menempel pada pakaian dalam warnanya kuning terang, konsistensi seperti lendir (encer-kental), tidak berbau, tidak panas, tidak gatal, serta tidak menimbulkan keluhan lainnya.

Keputihan pada anak dapat disebabkan karena faktor endogen (dari dalam) dan faktor eksogen (dari luar). Faktor dari dalam diantaranya berkaitan dengan perkembangan alat kelamin (bibir luar kemaluan belum berkembang), higienitas yang kurang terjaga saat mengusap anus, kondisi normal, dll. Faktor dari luar adalah infeksi dari bakteri, parasit, jamur, dan cacing. Penyebab lainnya adalah kondisi non-infeksi (yang paling sering terjadi)

Apakah jumlah cairan yang keluar begitu banyak? Apabila Ya, maka saya sarankan agar ibu membawa anak ibu ke dokter  untuk  pemeriksaan langsung dan agar diberikan obat sesuai dengan penyebab dari keputihan. 

Demikian informasi yang dapat diberikan, semoga bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar