Sukses

IUD Sering Bergeser

11 May 2015, 11:32 WIB
Wanita, 32 tahun.

Dalam jangka waktu 2 thn ni sy prnh mencoba iud 2x tp keduanya tdk berhasil yg pertama 6 bln yg kedua hanya 2minggu semua iud begeser kebawah vagina saya.. Yg ingin sy tanyakan apakah sy masih bs menggunakan iud, apakah berbahaya buat sy jika sy memakai iud kembali?

dr. Melyarna Putri

Dijawab Oleh:

dr. Melyarna Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-Konsultasi Tanya Dokter KlikDokter.com.

Apabila Anda tidak mengalami perdarahan atau haid yang memanjang atau keluhan lain yang mengganggu setelah pemasangan IUD,  penggunaan kontrasepsi jenis IUD dapat dilanjutkan. Namun posisi IUD memang sering tidak pas sehingga harus dibenarkan ulang posisinya. Gejala posisi yang tidak benar ditandai dengan keluhan mengganjal atau menusuk ketika berhubungan seksual dan keluar flek. Posisi IUD yang kurang benar, dapat menimbulkan iritasi pada permukaan organ intim. 

Anda masih dapat menggunakan kontrasepsi jenis IUD. Apabila terdapat keluhan seperti yang disebutkan diatas, sebaiknya kontrol ke dokter untuk mengecek posisi IUD. Selain menimbulkan keluhan, posisi yang tidak pas juga bisa menyebabkan efektivitas IUD sebagai kontrasepsi berkurang. Apabila tidak ada keluhan, tidak ada salahnya tetap mengecek posisi IUD ke dokter setidaknya setahun sekali. 

Demikian informasi yang dapat disampaikan. Semoga dapat bermanfaat. 

Salam,

    0 Komentar

    Belum ada komentar