Sukses

Kulit Gatal dalam Kehamilan

12 May 2015, 08:29 WIB
Wanita, 25 tahun.

Askum dok,,,,sy ad masalah kulit,,,,gatal2 pd tangan perut dn payudara,,,kira2 it ap sebabnya y dok,,udh pergi dokter spesialis kulit hilang rs gatalnnya tp skg ad lg gatalnya,,,y it2 aj gatalnya,,,,,,kdg sy gg tahan sy garuk2 jd bekas hitam dn merah kasar,,,,mohon solusinya dok,,,ini sy alami dr sy hamil smpai skg dok,,,,msa hamil gatal stlh melahirkn gatal hilang,,gatal lg,,,,y smpai saat ini,,,tq

Ibu yang terhormat,

 

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi KlikDokter.

 

Halo Ibu! Kami memahami kekhawatiran dan ketidaknyamanan Anda. Apakah gatal-gatal disertai dengan bentol kemerahan? Apakah terjadi pada saat kehamilan trimester ketiga? Sudah berapa keluhan dirasakan? Mungkin saja, Ibu mengalami suatu kondisi yang disebut dengan Pruritic Urticarial Papules and Plaques of Pregnancy (PUPPP). Pengobatan apa yang sudah Ibu dapatkan?

 

 

 

Selain itu, gatal-gatal pada kulit dapat disebabkan oleh banyak hal, namun paling sering adalah akibat reaksi alergi. Jika disebabkan karena reaksi alergi maka dapat dicetuskan oleh berbagai macam penyebab; semisal seperti makanan dan penyedap makanan, obat-obatan dan beberapa situasi seperti panas, dingin atau stres emosional. 

 

Solusi yang paling tepat untuk mengatasi masalah ini adalah dengan menghindari penyebab yang diketahui. Jika memang Anda selalu mengalami gatal-gatal karena suatu hal maka sebaiknya Anda menghentikan hal tersebut karena hal tersebut tersebut ternyata dapat memicu reaksi alergi pada diri Anda. Faktor-faktor pencetusnya perlu ditelusuri lebih lanjut. Misalkan apakah ada kalung atau ikat pinggang tertentu yang sering Anda gunakan di daerah payudara dan perut? Adakah pelembap kulit atau produk kosmetik tertentu yang Anda gunakan pada kulit, yang tidak biasanya Anda gunakan?

 

Mengatasi alergi dapat dengan mengkonsumsi antihistamin untuk mencegah reaksi yang timbul berlebihan pada saat-saat pemicu alergi tidak dapat dihindari. Selain mengunjungi dokter dan mendapatkan pengobatan, perhatikanlah hal-hal yang Anda curigai dapat mencetuskan keluhan Anda, kemudian hindarilah. Jika keluhan tidak muncul setelah menghindari suatu faktor, maka faktor tersebut adalah pencetus keluhan Anda dan harus dihindari.

 

Kami sertakan artikel: Bentol-bentol Merah Saat Kehamilan, untuk keterangan lebih lanjut.

 

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat. (JF)


Salam sehat,

Tim Redaksi KlikDokter

0 Komentar

Belum ada komentar