Sukses

Berhubungan Seksual, Namun Belum Ingin Hamil?

11 May 2015, 08:01 WIB
Wanita, 23 tahun.

Dr, saya bertanya. Saya berhubungan pasutri tetapi saya belum mau hamil, tetapinnembak didalam. Apa solusi agar tidak hamil? Dan apakah saya minum obat kb saya bisa haid? Apakah sebelum berhubungan baiknya minum obat kb dulu?

dr. Atika

Dijawab Oleh:

dr. Atika

Terima kasih telah menggunakan layanan e-Konsultasi Tanya Dokter KlikDokter.com,

Kami memahami kekhawatiran Anda. Bila Anda belum ingin hamil, maka Anda harus menggunakan pengaman (kontrasepsi). Kontrasepsi dapat digunakan oleh laki-laki, dapat juga digunakan oleh perempuan. Kontrasepsi untuk laki-laki misalnya kondom, sedangkan kontrasepsi untuk perempuan misalnya pil KB, suntik KB, implan, dan IUD (spiral). Bila Anda tidak menggunakan pengaman sama sekali, kemungkinan untuk hamil cukup besar apalagi disertai dengan ejakulasi di dalam. 

Pertanyaan berikutnya, bila Anda meminum obat KB, maka Anda tentu saja bisa mendapatkan haid. Selain itu, efek obat KB didapatkan setelah mengonsumsi obat KB secara teratur (setiap hari), akumulasi keteraturan tersebutlah yang akan menimbulkan efek kontraseptif. Bila hanya diminum sekali-sekali, misalnya saat akan berhubungan seksual, maka efeknya tidak akan seperti yang diharapkan. Justru efek pencegahan kehamilan kemungkinan tidak muncul akibat penggunaan yang 1-2 kali tersebut.

Demikian informasi yang dapat kami berikan. Semoga bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar