Sukses

Anak Sering Diare dan BAK menetes

05 Apr 2016, 21:25 WIB
Wanita, 44 tahun.

dok, anak saya umur 28 bulan sering sakit mencret/diare kalaiu BAB mengejan dan menangis, Tapi keluarnya sedikit terus kencingnya juga sedikit-sedikit ( netes-netes ) padahal sudah dikhitan. Bagaimana Soluisinya? Terimakasih

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih atas pertanyaan Anda. 

Kami mengerti kekhawatiran Anda.  Sudah berapa lama anak Anda diare? Apakah hingga sekarang masih diare?

Diare pada bayi dapat disebabkan oleh banyak hal seperti intoleransi laktosa, alergi susu, ataupun infeksi (paling sering disebabkan oleh infeksi virus). Apakah anak Anda masih aktif? Bagaimana dengan buang air kecilnya? Kami sarankan agar Anda melakukan pemeriksaan ke dokter specialis Anak, agar dapat dilakukan pemeriksaan tubuh dan didapatkan diagnosa gangguan pada anak Anda.

Penanganan diare pada anak yang paling penting adalah menghindari dehidrasi. Jadi pada saat diare yang penting adalah kebutuhan cairan tercukupi. Karena penyebab diare bisa bermacam-macam maka sebaiknya memang dicari penyebab diare pada anak. Pada anak kasus diare sering disebabkan oleh virus terutama rotavirus dan penanganannya adalah hanya dengan pemberian cairan dan obat-obat simptomatis seperti penurun panas. Namun apabila memang terbukti diare disebabkan oleh bakteri atau parasit lainnya maka diperlukan pengobatan seperti antibiotik. 

Demikian juga dengan kondisi BAK anak yang menetes, sebaiknya juga anda periksakan karena ditakutkan terdapat gangguan medis yang terjadi misalnya infeksi saluran kencing pada anak anda.

Untuk informasi lengkap  kami sertakan artikel berjudul:

Gejala Klinis Alergi Susu Sapi

Kenali Gejala Alergi Susu Sapi

Soya Bukan Solusi Mengatasi Alergi Susu Sapi

Bayi Intoleransi Laktosa?

Demikian informasi yang dapat kami berikan. Semoga membantu.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar