Sukses

Mengurangi Jerawat dan Mengatasi Bekasnya

10 May 2015, 21:06 WIB
Pria, 18 tahun.

Jadi begini, saya punya permasalahan dengan kulit wajah saya, sering berjerawatan dan kalau jerawat sudah hilang, meninggalkan bekas, padahal tidak saya sentuh. Untuk mengurangi timbulnya jerawat dan menghilangkan bekas jerawat bagaimana dok? Terima kasih

Saudara yang terhormat,

 

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi KlikDokter.

 

Halo! Kami memahami kekhawatiran Anda. Apa jenis kulit Anda? Kulit berminyak mudah terindikasi dengan terlihatnya permukaan kulit yang cenderung mengkilap. Pada jenis kulit macam ini, banyak kasus timbulnya komedo dan jerawat. Hal ini dikarenakan banyaknya kandungan kalenjar minyak (sebum) yang sebetulnya berfungsi membantu mencegah kulit dari kekeringan. Namun akibat lingkungan yang penuh kotoran dan debu yang tidak terlihat, kulit berminyak cenderung lebih mudah ‘menangkap’ kotoran dan debu yang tidak terlihat tersebut dibandingkan jenis kulit kering. Sehingga, kulit berminyak cenderung lebih mudah timbul jerawat pada permukaan kulit.

 

Cara mengatasi kulit berminyak yaitu dengan mencuci muka dengan sabun khusus muka dan air yang mengalir. Cukup basuh wajah dengan air hangat terlebih dahulu untuk menghilangkan debu dan kotoran yang menempel, kemudian gunakan air dingin untuk mencuci wajah dengan sabun muka.

 

Bila perlu, untuk perawatannya dapat menggunakan toner dan astringent yang mengandung alkohol, dan jika perlu, gunakan cleanser cair yang formulanya sangat ringan. Kulit berminyak hampir tidak memerlukan pelembab, apalagi pada usia remaja. Sedangkan untuk mengangkat sel kulit mati Anda dapat melakukan scrub. Lakukan 1x/minggu dan jangan terlalu sering. Berikut artikel yang kami berikan untuk menambah informasi Anda:

 

Bersihkan wajah dengan menggunakan sabun pembersih wajah yang sesuai dengan jenis kulit wajah 2 kali sehari, terutama sebelum tidur. Jika kulit sedang dalam kondisi berjerawat maka sebaiknya menggunakan pembersih wajah untuk kulit berjerawat dan dengan kandungan pH yang sesuai dengan kondisi kulit.

 

Bekas jerawat dapat dihilangkan dengan beberapa cara, misalnya dengan terapi laser, dermabrasi, dll.  Namun, penanganan bekas jerawat ini sangat tergantung dari luas serta kedalaman bekas jerawat. Pada keadaan ringan, bekas jerawat dapat memudar hanya dengan pemberian hidrokuinon 2% (termasuk dalam dosis aman) hanya tepat pada daerah bekas jerawat. Selain itu, bekas jerawat juga dapat disamarkan dengan cara pemberian krim malam yang umumnya mengandung asam retinoat yang diresepkan oleh dokter spesialis kulit dan kelamin. Kemudian cara lain yang dapat memudarkan atau bahkan menghilangkan bekas jerawat yaitu Prosedur Chemical peeling. Kedua prosedur tersebut (krim malam yang mengandung asam retinoat dan chemical peeling) bekerja dengan cara mempercepat proses regenerasi kulit, sehingga sel-sel kulit baru akan lebih cepat timbul. 

 

Namun, sebaiknya sebelum memilih dan melakukan prosedur tersebut, kulit Anda akan dianalisa terlebih dahulu seperti kedalaman bekas jerawat, jenis kulit, dan adanya reaksi alergi. Setelah itu, baru dipilihkan jenis cairan kimia dan konsentrasi/ kekuatan yang sesuai untuk kondisi kulit Anda.

 

Kami lampirkan beberapa artikel untuk menambah wawasan Anda terkait kebersihan wajah dan cara mengatasi jerawat:

Perawatan Wajah Berdasarkan Metode

Jerawat, Masalah Sejuta Umat

Mengatasi Jerawat

10 Cara Mudah Mengatasi Jerawat

Cara Mengobati Jerawat

 

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat. (JF)

 

Salam kulit sehat,

Tim Redaksi KlikDokter

0 Komentar

Belum ada komentar