Sukses

Kolesistitis dan Kolelitiasis

11 May 2015, 08:22 WIB
Wanita, 27 tahun.

Selamat pagi dokter... Dokter kmrn sdr sya dirawat krna terkena tipes & uji lab jg krn dy mengeluh nyerivdi bagianculu hatinya & dari hsl uji lab tesbut ditulis "cholelithiasis dgn cholecystitis" ini maksudny apa ya dokter & pengobatanny bagaimana ? Tolong bantuannya ya dokter, terimakasih

dr. Atika

Dijawab Oleh:

dr. Atika

Terima kasih telah menggunakan layanan e-Konsultasi Tanya Dokter KlikDokter.com.

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan. Kolelitiasis dalam bahasa awam berarti penyakit batu empedu. Batu empedu adalah proses terbentuknya batu didalam kandung empedu. Biasanya batu terbentuk akibat saturasi maupun adanya komponen empedu yang tidak normal. Seringkali batu empedu disertai dengan peradangan dinding kandung atau saluran empedu, yang disebut dengan kolesistitis. Izinkan kami menjelaskan tentang berbagai pilihan pengobatan batu empedu. Penanganan batu empedu dapat berupa pengobatan medis dan operasi. Sejauh ini belum ada metode pengobatan alternatif yang terbukti secara ilmiah dapat mengobati batu empedu.

 

Pada penanganan dengan pengobatan (menghancurkan atau melewatkan batu empedu ke saluran cerna selanjutnya), terdapat kemungkinan untuk terjadi kekambuhan, karena tidak dapat menghancurkan batu 100%. Jika batu kandung empedu masih ada,  gejala kolik dapat timbul kembali. Kekambuhan juga lebih sering terjadi pada pasien yang pernah mengalami batu empedu multipel (beberapa).

 

Batu empedu terbentuk dari penumpukan komponen cairan empedu dalam kandung empedu yang mengkristal membentuk batu. Hal-hal yang mempengaruhi terjadinya batu empedu adalah:

1. Kegemukan, penurunan berat badan yang terlalu cepat (lebih dari 1,5 kg per minggu), berat badan yang tidak stabil

2. Wanita

3. Usia 

4. Keturunan

 

Penanganan operasi pada batu empedu merupakan penanganan utama terbaik pada batu empedu yang memberikan gejala (misal: nyeri, mual muntah). Penanganan ini merupakan pilihan, di mana kekambuhan lebih jarang terjadi, dan keluhan nyari pasien biasanya menghilang sempurna. Sehingga dengan indikasi yang benar, maka operasi kandung empedu merupakan alternatif yang terbaik ketimbang modalitas lainnya. Diskusikanlah dengan dokter yang menangani Anda mengenai kemungkinan tindakan operasi ini. 

 

Demikian informasi kami sampaikan, semoga bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar