Sukses

Nyeri Pasca Berhubungan Seksual

15 May 2015, 12:56 WIB
Wanita, 22 tahun.

Assalamualaikum dok... saya mau tanya setelah ML memng sakit n perih ya dok? Oya dok saya mau tanya sebaiknya berhubungan biar cepat hamil caranya gmana?? kLo baru 1 atw 2 kali berhubungan bisa langsung hamil gk dok?

dr. Atika

Dijawab Oleh:

dr. Atika

Terima kasih telah menggunakan layanan e-Konsultasi Tanya Dokter KlikDokter.com,

Kami memahami kekhawatiran Anda. Namun sebelumnya, data yang Anda berikan belum lengkap. Apakah 'pemanasan' / foreplay dilakukan secara singkat? Karena hubungan seksual yang dimulai tanpa foreplay yang cukup akan menyebabkan kelamin wanita belum cukup dilumasi cairan sehingga akan menyebabkan lecet saat berhubungan seksual. Apakah terdapat gejala keputihan berbau, gatal? Bila terdapat gejala ini maka kemungkinan Anda menderita infeksi daerah kelamin, yang juga bisa menyebabkan nyeri selama melakukan hubungan. 

Bila hubungan seksual dilakukan saat masa subur, dan tidak ada masalah kesehatan pada pihak wanita maupun pria, maka dalam satu kali hubungan seksual saja sudah dapat hamil. 

Yang perlu dilakukan dalam persiapan kehamilan adalah merubah pola hidup menjadi lebih sehat dengan makan makanan bergizi dan seimbang, asupan vitamin sesuai kebutuhan, istirahat teratur, dan berolahraga. Selain itu, perlu juga diperhatikan:

  • hentikan segala bentuk kegiatan yang tidak menyehatkan seperti merokok, dan alkohol.

  • sebisa mungkin hindari konsumsi obat-obatan, terutama yang dijual bebas

  • ketahui masa subur Anda. Hal ini dapat dilakukan dengan menambahkan 2 minggu dari hari permulaan haid Anda (bila Anda memiliki siklus haid 28 hari),  lakukan hubungan intim terutama di sekitar periode tersebut.

  • menurut the Center for Disease Control (CDC), perempuan yang merencanakan kehamilan dianjurkan untuk mengonsumsi vitamin B dalam jumlah cukup dan asam folat sebanyak 400 mikrogram/hari agar dapat mengurangi risiko gangguan perkembangan otak embrio

 
Apabila setelah satu tahun melakukan hubungan intim secara teratur (2-3x/minggu) tanpa menggunakan kontrasepsi kehamilan belum juga terjadi, perlu dicari penyebab yang mendasari baik dari pihak Anda maupun pihak suami. Agar apabila ditemukan adanya kelainan, kelainan tersebut dapat segera ditatalaksana sesuai penyebabnya. 
 
Berikut adalah beberapa artikel Kami yang dapat Anda akses terkait persiapan kehamilan pada pasangan suami-istri:

 

Demikian informasi yang dapat kami berikan. Semoga bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar