Sukses

Mengatasi Kulit Kering

11 May 2015, 09:16 WIB
Wanita, 23 tahun.

selamat pagi. dok mohon penjelasannya bagaimana mengatasi mengatasi kulit kering. terimakasih.

dr. Atika

Dijawab Oleh:

dr. Atika

Terima kasih telah menggunakan layanan e-Konsultasi Tanya Dokter KlikDokter.com,

Kami memahami kekhawatiran Anda. Untuk mengatasi kulit yang kering, perawatan yang Anda butuhkan memang sedikit ekstra. Terutama karena kulit yang kering berisiko mengalami penuaan yang lebih cepat. Secara umum, berikut adalah penanganan yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi kulit kering.

Kulit sekitar bibir yang kering cenderung mengalami gatal. Oleh sebab itu, bila dibutuhkan gunakanlah pelembab wajah, berinvestasilah dalam memilih pelembab yang tepat. Untuk mencuci muka, pilihlah sabun muka yang kaya akan pelembab dan tidak menyebabkan kulit wajah anda kering dan memiliki pH sesuai pH kulit (lebih kurang 5,5). HIndari penggunaan sabun antiseptik ke wajah, dan kalau bisa hindari membasuh muka dengan air hangat karena air hangat cenderung membuat wajah kering. Terakhir, jangan lupa untuk banyak mengonsumsi air putih dan buah-buahan agar kekenyalan kulit wajah Anda terjaga.

Bila kulit anda sering berkeringat/ berminyak, maka pilihnya jenis pembersih yang berlogo 'oil-free'. Jenis kulit yang berminyak adalah jenis kulit yang memiliki tendensi untuk mengalami penyumbatan pori-pori, oleh sebab itu kami sarankan Anda memilih produk yang “non-komedogenik” dan “tidak menyebabkan jerawat”. Produk-produk ini biasanya tidak mengandung alkohol berlebihan atau tidak mengandung basa sabun berlebihan. 

Selain itu, pastikan pH sabun yang Anda gunakan untuk membersihkan wajah sesuai dengan pH kulit (5-6,5), karena bila pH sabun terlalu basa (seperti sabun mandi biasa), maka kulit cenderung akan kering dan memicu produksi minyak yang lebih banyak.

Bila Anda sering membersihkan wajah menggunakan toner, maka perhatikan dulu jenis kulit wajah Anda. Bila jenis kulit Anda kering, pemakaian toner justru akan meningkatkan kekeringan kulit yang dapat menyebabkan penuaan kulit yang lebih cepat.

Demikian informasi yang dapat kami berikan. Semoga bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar