Sukses

Gatal-gatal Setelah Memakan Telur, Kacang, dsb

29 May 2015, 10:31 WIB
Wanita, 27 tahun.

pasangan saya wanita (sesuai kriteria diatas). Jarak 2-3 jam minimal selalu gatal2 (seperti kaligata) sesudah memakan yg mengandung telur, susu, keju, seafood, kacang. Kejadian ini mulai 2 taun belakangan ini, apa kira2 hanya alergi makanan / ada hal lain? Selama ini dia menahan gatal, tapi kalo sdh tdk kuat dia minum obat penghilang rasa gatal, obat tsb bertahan sampai 1-2 hari. Bisa di bantu dok?

 

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Tanya Dokter KlikDokter.com

Kami mengerti kekhawatiran yang Anda rasakan.  Jika selama ini pasangan Anda mengalami keluhan gatal-gatal setelah mengkonsumsi makanan-makanan tersebut maka kemungkinan pasangan Anda mempunyai alergi dengan bahan makanan tersebut. 

Selain pengobatan dari dokter maka yang tidak kalah penting adalah hindari konsumsi bahan-bahan makanan tersebut. Untuk mengatasi gatal sementara pasangan Anda dapat mengonsumsi obat anti alergi seperti loratadin, cetirize atau CTM.

Untuk mengetahui apakah benar pasangan Anda alergi terhadap makanan tersebut, kami sarankan pasangan Anda untuk melakukan konsultasi dengan dokter spesialis kulit dan kelamin untuk dilakukan pemeriksaan fisik secara menyeluruh dan skin prick test (tes cukit kulit) jika diperlukan. Skin prick test adalah memeriksa alergi terhadap alergen yang dihirup (debu, tungau, serbuk bunga) dan alergen makanan dan jenis alergen lainnya. 

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar