Sukses

BAB Tidak Rutin Dan Sering Kembung

04 Apr 2016, 20:46 WIB
Pria, 26 tahun.

Saya menderita batuk menahun dan sering bersin. Sudah pernah cek dahak dan foto thorax dengan hasil normal. Disisi lain 6 bln terakhir BAB saya tidak rutin dan cenderung diare, dan sering kembung. Dokter tht mendiagnosa GERD dan memberi obat ranitidine, amoksan, dan racikan. Sudah 2 bulan ini berobat dan menjauhi pantangan namun tidak juga sembuh (mungkin membaik tp sangat kecil sekali) Mohon saran dan masukannya. Terima kasih

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Buang air besar (BAB) merupakan hasil akhir dari proses pencernaan oleh organisme dari saluran pencernaan melalui anus. Usus halus dan usus besar merupakan saluran otot. Normalnya, saluran ini berkontraksi dengan arah yang berbeda untuk mencerna sekaligus mencampur bahan makanan menuju anus. Sekitar empat kali dalam sehari, gerakan usus mendorong sisa makanan menuju rektum (bagian usus sebelum anus). Rangsangan untuk melakukan BAB umumnya adalah makan, yang akan meningkatkan gerakan usus menuju rektum, dan mendorong sisa makanan keluar melalui anus.

Frekuensi BAB sangat bervariasi pada setiap individu, bergantung pada makanan, aktivitas, metabolisme tubuh, penyakit dan banyak faktor lain. Selama ini banyak orang telah salah menganggap bahwa mereka harus buang air besar setiap hari, padahal yang paling penting adalah keteraturan BAB itu sendiri.

Jika pola BAB Anda memang tidak teratur, kemudian ketika BAB kotoran yang keluar encer dengan frekuensi yang banyak, kemungkinan terdapat gangguan pada usu besar Anda. Dapat terjadi iritasi maupun inflamasi pada usus besar yang berperan besar dalam penyerapan air di saluran cerna. Gangguan ini yang menyebabkan air tidak diserap atau hanya sedikit diserap sehingga keluar BAB yang cair. Untuk memastikannya, tentunya dibutuhkan data lebih lanjut.

Kami sarankan sebaiknya anda segera mengunjungi dokter spesialis bedah untuk mendapat tatalaksana yang lebih optimal. Diagnosis akan lebih mudah ditegakkan melalui pemeriksaan fisis langsung dan beberapa pemeriksaan penunjang (sesuai indikasi).

Sementara itu, Cobalah menerapkan pola hidup sehat dengan makan besar 3x sehari diselingi makanan kecil 2x, konsumsi cukup air (minimal 8 gelas/hari), melakukan olahraga teratur, dan tidak menunda terlalu lama jika terasa hendak BAB.

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar