Sukses

Menikah Dengan Orang Eropa

26 Jul 2015, 10:46 WIB
Pria, 21 tahun.

Dok saya mau tanya apakah menikah dengan orang asing Asia atau Eropa, dengan golongan darah yang berbeda, itu baik atau tidak, lalu bagaimana saran dokter sehingga anak terlahir normal dengan hasil campuran. gol darah saya O. tpi belum tahu dengan calon istri saya. Terima kasih

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Mohon maaf atas keterlambatan kami dalam menjawab konsultasi Anda. Kami sangat senang karena Anda mempercayakan layanan konsultasi kami untuk membantu mengatasi masalah kesehatan Anda.

Salah satu pertimbangan menarik jika seorang pria menikahi pasangan yang berasal dari negara barat adalah perbedaan golongan darah dan Rhesus.

Kebanyakan golongan darah warga indonesia adalah golongan rhesus positif. Sedangkan penduduk dari negara barat dominan rhesus negatif. Permasalahan akan timbul jika anda dan pasangan memiiki rhesus yang berbeda.

Jika kedua pasangan bergolongan darah Rhesus positif, maka janin akan memiliki golongan Rhesus positif juga. Hal ini tidak menjadi masalah. Namun jika seorang perempuan (Rehsus negatif) menikah dengan laki-laki (Rhesus positif), bayi pertamanya memiliki kemungkinan untuk ber-Rhesus negatif atau positif. Apabila bayi mempunyai Rhesus negatif, tidak ada masalah. Yang akan menyebabkan masalah adalah bila terdapat perbedaan antara ibu dengan janin bila Rhesus ibu negatif sedangkan janin memiliki golongan Rhesus positif. Pada kasus seperti ini, masalah mungkin timbul pada kehamilan berikutnya. Bila ternyata pada kehamilan ke-dua janin memiliki Rhesus positif juga, antirhesus dari ibu dapat menyebabkan kerusakan sel darah merah janin. Keadaan ini disebut dengan hemolisis intravaskular.

Untuk itu dalam persiapan sebelum menikah, ada baiknya anda dan pasangan melakukan pemeriksaan golongan darah, demikian juga pemeriksaan kesehatan lain yang sekiranya anda khawatirkan.

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat.

 

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar