Sukses

Sesak Nafas Setelah Melahirkan

04 Apr 2016, 20:14 WIB
Wanita, 32 tahun.

Slmt mlm dok,saya br melahirkan seminggu yg lalu.lahir secara normal brt 3,5kg pnjng 48cm.yg ingin sy tanyakan,knp setelah melahirkan saya merasa sesak nafas dan detak jantung yg tdk nyaman.pdhl sy tdk pny riwayat sesak nafas..trims dok,mohon jawaban nya.

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami memahami kekhawatiran Anda. Keluhan rasa sesak memang merupakan keluhan yang mengganggu. Berdasarkan informasi yang Anda berikan, ada kemungkinan Anda mengalami kelainan Peripartum Cardiomyopathy yaitu suatu kelainan yang terjadi karena otot jantung menjadi lemah sehingga tidak dapat memompa jantung dengan efisien.

Kelainan ini dapat terjadi dan diketahui pada bulan terakhir kehamilan sampai 5 bulan setelah melahirkan, jika tidak ditemukan kelainan lainnya. Namun untuk memastikan hal ini masih diperlukan pemeriksaan lainnya, yaitu ekokardiografi. Ekokardiografi adalah pemeriksaan jantung dengan metode USG untuk melihat kondisi jantung lebih detil.

Kami menyarankan sebaiknya Ibu mengunjungi dokter spesialis jantung dan pembuluh darah untuk pemeriksaan ekokardiografi. Ibu juga perlu membawa semua hasil pemeriksaan Ibu sebelumnya. Setelah pemeriksaan lebih lanjut, diharapkan dapat diketahui kelainan yang mendasari keluhan Ibu dan dapat segera ditangani lebih lanjut.  

Demikian informasi kami sampaikan, semoga bermanfaat.

Salam,

    0 Komentar

    Belum ada komentar