Sukses

Jerawat Punggung dan Tinggi Badan

12 May 2015, 12:48 WIB
Wanita, 19 tahun.

Selamat malam bpk/ibu dokter :) dok apakah jerawat di punggung bisa dihilangkan? apakah penyebab kemunculannya? dan apakah umur 19 itu masih bisa untuk meninggikan badan yah? Mohon pengarahannya dok terimakasih

dr. Citra Roseno

Dijawab Oleh:

dr. Citra Roseno

Saudari yang terhormat.

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami memahami kekhawatiran Anda. Hal ini umumnya dialami individu yang memiliki kondisi kulit berminyak, atau memiliki keturunan kulit berjerawat. Kondisi kulit berminyak merupakan jenis kulit yang sangat berisiko untuk mengalami jerawat. Selain pengobatannya memang membutuhkan kesabaran, juga memerlukan pengendalian dari pola makan, kebiasaan membersihkan wajah dan daerah berminyak, pengendalian stres dan sebagainya. Pengaruh hormonal juga menjadi tantangan tersendiri. Jerawat di punggung, dada dan sekitarnya paling sering juga disebabkan karena kondisi kulit yang berkeringat. 

Pengobatan jerawat didasarkan dengan cara mengurangi produksi minyak, melawan infeksi bakteri, mempercepat pergantian sel kulit dan mengurangi peradangan. Sebagian besar obat-obatan jerawat belum memberikan hasil dalam 4-6 minggu pertama. Pengobatan yang diberikan dapat termasuk pengobatan luar dan juga obat-obatan minum.

Anda dapat memulai dengan memperhatikan adakah pemicu yang menyebabkan timbulnya jerawat agar dapat menghindarinya. Selain itu, sebaiknya Anda tidak memencet jerawat Anda karena dapat menyebabkan bekas kehitaman atau parut pada kulit, dan infeksi pada daerah jerawat Anda. 

Untuk daerah punggung dan sekitarnya Anda juga bisa mencoba untuk melakukan perawatan lulur secara rutin 2 kali seminggu (apabila jerawat sedang tidak meradang). Kami sarankan Anda mengunjungi dokter spesialis kulit dan kelamin atau dokter ahli estetika yang dapat membantu Anda dengan pengobatan yang sesuai dengan kondisi kulit Anda. Kami sarankan agar tidak berganti-ganti dokter karena penanganan kulit berjerawat memang membutuhkan waktu yang lama sehingga perlu pemantauan dan kesabaran. Jika berganti-ganti dokter, maka setiap dokter baru biasanya akan memulai pengobatan dari awal lagi.

Selanjutnya mengenai tinggi badan. Tinggi badan seseorang dipengaruhi oleh beberapa hal, yaitu genetik (keturunan), gizi, dan lingkungan. Genetik dalam hal ini adalah tinggi badan kedua orangtua. 

Rumus memperkirakan tinggi anak berdasarkan tinggi orangtuanya adalah :

  • Anak laki-laki= (Tinggi Ibu + 13) + Tinggi Ayah (dalam cm) dibagi 2 ± 8,5 cm
  • Anak perempuan = (Tinggi Ayah - 13) + Tinggi Ibu (dalam cm) dibagi 2 ± 8,5 cm

Dari faktor gizi yang diperlukan tentu saja protein untuk pertumbuhan dan perbaikan sel yang diikuti oleh gizi seimbang dari sumber lainnya. Sedangkan lingkungan dalam hal ini berarti adalah olahraga untuk melancarkan aliran darah dan membantu metabolisme agar berjalan dengan baik (seperti berenang, berlari, dan jenis aerobik).

Namun perlu diketahui bahwa penambahan tinggi badan dapat dilakukan apabila lempeng pertumbuhan yang terdapat di tulang panjang masih terbuka. Lempeng tersebut terbuka pada saat usia pubertas dan pada tulang panjang yang mempengaruhi tinggi badan baru akan menutup pada usia 15-17 tahun pada wanita, atau 3 tahun setelah menarche (menstruasi pertama).

Tinggi badan rata-rata perempuan Indonesia adalah 147 cm, sehingga tinggi badan Anda saat ini sebenarnya sudah cukup baik. Yang Anda perlukan hanyalah menjaga asupan nutrisi Anda yang cukup protein dan kalsium serta berolahraga teratur. 

 

Berikut kami sertakan artikel untuk melengkapi informasi Anda: 

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

Salam,

    0 Komentar

    Belum ada komentar