Sukses

Ingin Hamil Lagi Pasca Keguguran
04 Apr 2016, 20:30 WIB
Wanita, 29 tahun.

Dok,tgl 05maret2015 kemarin sy hbs dikuret karena pendarahan. Dokter menyarankan untuk cek lab dan hasilnya igg tokso 125.5, igg cmv 145.4, sedangkan igm tokso 0.30 nonreaktif, igm cmv negatif. Sementara dr.spog menyarankan untuk konsumsi acyclovir tiap senin,selasa 4xsehari selama 3bulan. Apakah penanganan dr.spog saya sudah tepat? Kapan saya bisa mulai program hamil lagi? Dan perlukah melakukan tes lab kembali mengingat biaya yg tidak murah? Terimakasih.

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Hasil pemeriksaan tersebut menunjukkan bahwa tidak adanya infeksi baru terhadap toxoplasma, sitomegalovirus dan Rubella.

  • IgG  Rubella dan CMV positif, menunjukkan bahwa ada infeksi yang lampau dan sudah tidak aktif lagi dan Anda sudah memiliki kekebalan terhadap virus ini. 

Jika tidak ada infeksi aktif  dan tidak ada masalah lain pada kesehatan Anda maka seharusnya tidak ada masalah untuk hamil. Anda dapat mengkonsultasikan hasil pemeriksaan Anda ke dokter spesialis kebidanan dan kandungan. 

Dalam persiapan kehamilan adalah merubah pola hidup menjadi lebih sehat dengan makan makanan bergizi dan seimbang, asupan vitamin sesuai kebutuhan, istirahat teratur, dan berolahraga. Perlu juga diperhatikan: 

  • Hentikan segala kegiatan yang kurang baik apabila Ibu ingin hamil. Hindari merokok, obat-obatan terlarang, dan alkohol (termasuk suami)

  • Hindari juga konsumsi obat-obatan termasuk yang dijual bebas

  • Menurut The Center for Disease Control (CDC), wanita yang berencana untuk hamil dianjurkan mengkonsumsi vitamin B dalam jumlah cukup dan asam folat sebanyak 400 mikrogram/hari agar dapat mengurangi risiko gangguan perkembangan otak embrio

Baca pula artikel artikel berikut untuk menambah informasi Anda. 

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar