Sukses

Jarang Buang Air Besar

04 Apr 2016, 19:55 WIB
Wanita, 24 tahun.

Dari kecil saya jarang buang air besar sampai saat ini. mungkin saya buat air besar 4 hari sekali dan setiap mau BAB jarang sekali merasakan mules.. Sebenarnya saya ada kelainan apa dan tindakan apa yg dibutuhkan?? dan sya juga sering merasakan sakit kepala hampir setiap hari..

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terimakasih telah menggunakan layanan e-konsultasi dari klikdokter.

Kami mengerti anda khawatir dengan frekuensi buang air besar anda yang jarang.

Usus halus dan usus besar merupakan saluran otot. Normalnya, saluran ini berkontraksi dengan arah yang berbeda untuk mencerna sekaligus mencampur bahan makanan menuju anus. Sekitar empat kali dalam sehari, gerakan usus mendorong sisa makanan menuju rektum (bagian usus sebelum anus). Rangsangan untuk melakukan BAB umumnya adalah makan, yang akan menginisiasi refleks gastro-kolonik, meningkatkan gerakan usus menuju rektum, dan mendorong sisa makanan keluar melalui anus (buang air besar).

Buang air besar (BAB) merupakan hasil akhir dari proses pencernaan oleh organisme dari saluran pencernaan melalui anus. Frekuensi BAB sangat bervariasi pada setiap individu, bergantung pada makanan, aktivitas, penyakit dan banyak faktor lain.

Dari cerita anda, dapat diketahui bahwa jumlah makanan yang anda konsumsi sangat sedikit. Hal ini bisa menjadi salah satu faktor penyebab frekuensi BAB anda yang jarang. Cobalah menerapkan pola hidup sehat dengan makan besar 3x sehari diselingi makanan kecil 2x dan melakukan olahraga. Diharapkan hal ini dapat membantu anda mengatur frekuensi BAB anda.

Demikian penjelasan kami.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar