Sukses

Memilih Jenis Susu Untuk Anak

04 Apr 2016, 20:05 WIB
Wanita, 22 tahun.

Usia anak sya 1,4 bulan, msih minum asi tp kdang sya tmbah dg minum Susu UHT, apa boleh? Kl anak sy sudah lepas asi lbih baik, lanjut UHT apa SUFOR sja yaw, klo di lihat dri nilai gizi nya? Mohon jawabany trimakasih..

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Tanya Dokter di KlikDokter.com.

Setelah anak berusia 1 tahun, susu hanyalah menjadi makanan tambahan bagi anak karena makanan utama anak sudah berupa makanan padat tiga kali sehari, atau sama dengan orang dewasa. Susu umumnya dikonsumsi 2-4 botol/hari @120-240 cc. Yang terpenting dalam makanan sehari-hari anak terdapat asupan karbohidrat, protein, lemak, sayur dan buah. 

Untuk memilih susu formula, yang Anda harus perhatikan adalah mencari susu formula yang memiliki kandungan gizi mirip dengan ASI. Hal yang dapat Anda lakukan adalah mencermati label kandungan nutrisi yang terdapat pada kemasan susu formula. Pastikan harga yang tertera memang sesuai dengan nilai nutrisi yang dimiliki produk yang ada.

Secara garis besar, terdapat beberapa jenis susu formula yaitu:

  • Susu formula sapi,

  • susu formula soya/isolat protein kedelai,

  • susu protein hidrolisat (ada yang partial, ada yang ekstensif, susu asam amino),

  • susu formula bebas laktosa, dan

  • susu formula spesial untuk bayi prematur atau bayi dengan kondisi spesial.

Susu Formula Sapi

Susu formula sapi adalah susu formula paling banyak tersedia saat ini. Bahan utama susu formula jenis ini adalah protein susu sapi yang gampang dicerna oleh bayi. Selain protein, susu formula sapi juga mengandung karbohidrat dan lemak susu sapi untuk mencukupi kebutuhan gizi buah hati.

Susu Formula Soya

Sedangkan susu formula bebas laktosa dan susu formula soya adalah susu formula yang dikhususkan untuk bayi yang memiliki intoleransi laktosa yaitu kondisi di mana bayi tidak mampu mencerna laktosa (gula alami dalam susu sapi).

Susu Formula Bebas Laktosa

Pada susu formula bebas laktosa, laktosanya telah diganti dengan jenis laktosa lain yang tidak berisiko meningkatkan intoleransi laktosa, sementara susu formula soya terbuat dari protein nabati yang mengandung sukrosa dan glukosa.

Penjelasan di atas tentunya hanya sebagai bahan pertimbangan dalam memilih susu formula. Jika Anda masih bingung, berkonsultasilah pada dokter spesialis anak tentang susu formula mana yang baik untuk nutrisi tambahan si buah hati.

Demikian informasi ini kami sampaikan, semoga bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar