Sukses

'Congek' Di Kedua Telinga

09 Sep 2015, 18:50 WIB
Pria, 18 tahun.

assalamu'alaikum dok, sya memderita penyakit congek di kedua telinga sya sdh 15 tahun, sya tdk pernah berobat karna tdk pnya uang, biasanya congeknya sya bersihkan dan di sumbat dgn kapas agar tdk keluar terutama klau mau sekolah, apa itu berbahaya, apa yang seharusnya saya lakukan agar congeknya tidak keluar? saat ini telingga kiri saya tdk normal, hanya bsa mendengar yg agak suara keras, & memang telinga kiri yg jdi masalah, klau yg knan jarang keluar, awalnya telingga kanan sya yg kena, kemudian menjalar ke telinga kiri, yg kiri terus-terusan parah ampe sekarang, klau yg kanan malah mendingan setelah yg kiri kena. klau operasi biaya terendah brapa ya? ktanya biaya operasi bisa sampai belasan juta, trus klau pke obat tetes kan gak bkalan sembuh, bagaimana klau obat yg lain yg kyak tricajus, gold-G, dll yg banyak di jual d internet apa bener bsa sembuh tanpa operasi? jdi intinya pertanyaan sya adalah - bagaimana caranya membersihkan congek yg keluar dengan aman & benar? - bagaimana caranya agar congek tidak mudah keluar - makanan/tingkah laku apa yg sangat baik dan buruk terhadap penyakit congek? - berapa biaya berobat/operasi (rata-ratanya), & memerlukan waktu berapa lama? - klau pke jamkesmas apa bisa gratis? - obat apa yg dokter anjurkan kepada saya? itu saja dok, maaf saya banyak nanya, terima kasih dok sudah mau membantu saya # I need a DOCTOR

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih karena Anda telah menggunakan fasilitas e-Konsultasi Tanya Dokter dari KlikDokter.com.

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan.  Saat ini Kami menduga Anda mengalami OMSK atau Otitis Media Supuratif Kronik.

OMSK (Otitis Media Supuratif Kronik) adalah  infeksi kronik di telinga tengah dengan perforasi membran timpani dan sekret yang keluar dari telinga tengah terus-menerus atau hilang timbul. Sekret dapat encer atau kental, bening atau berupa nanah. 

Penyakit ini perlu segera ditangani dengan adekuat. Untuk pengobatannya perlu dilakukan pencucian telinga dan diberikan obat tetes telinga dan antibiotik minum. Sumber infeksi yang menyebabkan terjadinya OMSK harus terlebih dahulu ditangani dengan baik. Setelah cairan/sekret kering baru kemudian dapat dilakukan operasi miringoplasti atau timpanoplasti. Miringoplasti atau timpanoplasti merupakan tindakan operasi yang bertujuan untuk menghentikan infeksi secara permanen, memperbaiki membran timpani (gendang telinga) yang pecah, memperbaiki pendengaran dan mencegah terjadinya kerusakan pendengaran yang lebih berat. Untuk kerusakan gendang telinga yang lebih ringan biasanya dikerjakan miringoplasti yang hanya memperbaiki gendang telinga saja. Sedangkan untuk kerusakan yang lebih berat perlu dilakukan operasi timpanoplasti yang juga dilakukan pada tulang-tulang pendengaran dan tidak jarang perlu dilakukan beberapa tahap operasi.

OMSK bila terkena pada satu telinga maka kemungkinan untuk menularkan ke telinga yang lain tetap ada, karena pada penyakit ini terjadi proses infeksi. OMSK dapat disembuhkan dengan penanganan yang adekuat, selain itu dibutuhkan juga kerja sama yang baik dari pasien untuk disiplin dalam pengobatan. 

Kami menyarankan Anda melakukan konsultasi langsung dengan dokter spesialis Telinga Hidung dan Tenggorokan (THT) untuk mengetahui kondisi telinga bagian dalam Anda.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

 

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar