Sukses

Perawatan Kulit Ibu Amankah Bagi Bayi?

03 Jul 2015, 09:07 WIB
Wanita, 31 tahun.

Halo Dokter, pa kbr..? semoga sehat yah. Aku Ibu menyusui anak 6 perempuan usia 6 bulan+. Bayi ku ASI exclusive walaupun saya bekerja kantoran juga, jadi saya pumping dan stok ASI buat bayi saya kalau saya lagi bekerja. Cat : bayiku alergi susu sapi. Nah sekarang si Lovely sdh mulai diperkenalkan MPASI. Walaupun harus berjuang karena dia sepertinya masih agak susah menelan makanan, hanya dikumpulkan dimulut dan kadang2 dibuang. Pertanyaan saya adalah : Apakah aman bagi saya dan buah hati saya yang masih aktif ngASI bila saya menggunakan produk perawatan kulit anti aging misalnya Po*ds anti aging, karena menurut saya penting juga untuk menjaga dan merawat penampilan apalagi kulit wajah. Tapi dalam hal ini saya juga tidak mau sembarangan yang nantinya bisa beresiko buruk bagi bayi saya. Kira-kira berapa usia bayi yang idela untuk si ibu bisa menggunakan produk perawatan kulit seperti anti aging atau juga pemutih kulit..? Mohon informasinya dokter.. Terima kasih.

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Tanya Dokter di Klikdokter.com

Kami sangat memahami kekhawatiran Anda. Anda dapat tetap melakukan perawatan wajah, namun harus memperhatikan kandungan dari produk yang Anda gunakan. Jika Anda hanya menggunakan pelembab sepertinya tidak masalah. Kandungan retinoic acid/tretinoin bersifat teratogenik artinya dapat membahayakan bagi janin/bayi dan dapat menyebabkan cacat bawaan. Sebagian besar cream jerawat/anti aging/beberap produk wajah memiliki kandungan zat ini.

Zat ini dilarang penggunaanya bagi ibu hamil dan menyusui. Bagi ibu hamil terbukti berbahaya, bagi ibu menyusui efeknya masih belum diketahui, namun sangat dianjurkan untuk tidak menggunakannya selama masih menyusui karena setiap jenis makanan dan beberapa jenis obat-obatan yang anda konsumsi/gunakan dapat masuk ke ASI melalui sirkulasi darah. 

Anda tetap dapat menggunakan produk kecantikan apapun termasuk yang mengandung retionoic acid jika Anda tidak hamil dan tidak sedang menyusui.

Demikian informasi yang dapat kami berikan. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

    0 Komentar

    Belum ada komentar