Sukses

Tertelan Gigi Patah
04 Aug 2015, 20:29 WIB
Wanita, 25 tahun.

Selamat Pagi, saya dita sdg hamil 13 minggu, Pagi ini saya slsai sarapan tb2 gigi saya patah. memang sblm nya gigi saya bolong. nah saat patah itu saya tidak sadar, dan sprti nya gigi patahan nya ketelan :( ya allah Apakah yg hrs saya lakukan ? Bahaya kah untuk pertumbuhan bayi jika telan patahan gigi tsb? dan Apakah lagi kondisi hamil 13 minggu boleh melakukan pencabutan gigi (gigi bawah kiri no 2 dri belakang. Mohon info nya segera Makasih

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi KlikDokter.com.

Kami turut prihatin atas kondisi yang Anda alami dan memahami kekhawatiran Anda. Tidak perlu khawatir, gigi yang tidak sengaja tertelan tidak akan membahayakan kehamilan Anda. Gigi tersebut dapat hancur oleh enzim pencernaan yang asam, atau bisa juga dikeluarkan melalui kotoran saat BAB.

Sebelum membahas pertanyaaan Anda lebih Lanjut, Kami akan membahas sedikit mengenai kasus gigi yang patah. Dalam hampir semua kasus patah pada gigi karena terjatuh dialami oleh gigi depan atas. Gigi depan yang patah sebagian masih dapat diselamatkan, namun rencana perawatannya bergantung pada kondisi gigi tersebut, yaitu dilihat dari seberapa banyak sisa jaringan mahkota gigi dan apakah ruang pulpa yang berisi saraf gigi sudah terbuka/belum.

Selama ruang pulpa masih tertutup dan sisa jaringan gigi masih cukup banyak atau sesuai indikasi penambalan maka gigi yang patah dapat ditambal biasa menggunakan tambalan sewarna gigi yang dikeraskan dengan sinar, yaitu resin komposit. Namun jika ruang pulpa sudah terbuka, maka pulpa dapat terinfeksi oleh kuman, oleh sebab itu gigi tidak dapat lagi ditambal biasa, tapi harus dilakukan perawatan syaraf terlebih dahulu yang bertujuan mensterilkan mahkota gigi dan akar dari infeksi kuman. Setelah perawatan tersebut selesai,  baru kontur gigi diperbaiki menyerupai bentuknya seperti semula dengan dibuatkan mahkota tiruan atau restorasi lainnya yang sesuai. Besarnya biaya yang dikeluarkan untuk perawatan gigi patah sangat bergantung dari jenis perawatan yang dilakukan yaitu apakah dengan penambalan biasa atau dengan menggunakan crown.

Bagaimanapun, ada baiknya Anda berkonsultasi secara langsung ke dokter gigi agar dapat dilakukan pemeriksaan klinis sehingga dapat ditentukan rencana perawatan yang tepat bagi ke dua gigi Anda yang patah. 

Berikut artikel yang dapat Anda baca

Gigi Depan Patah, Ini Solusinya

Pertolongan Pertama Pada Gigi Patah

Demikian informasi yang dapat Kami berikan, semoga bermanfaat.

 

Salam,

1 Komentar

  • DMM Cyperus

    Kalau gigi yg copot masuk ke saluran telinga dok? Jadi di dalam telinga saperti ada sesuatu yg memantul2 waktu kepala digerakkan kencang.. kemungkinan besar gigi yg tertelan.. apakah berbahaya?