Sukses

Kaki Kram dan Stretch Marks Saat Hamil
03 Apr 2016, 19:00 WIB
Wanita, 25 tahun.

selamat siang dokter, saya sekarang sedang hamil 27 minggu, tp saya sring mngalami kram pahan kanan bawah sampai bokong hanya dibagian kanan saja. Kira2 penyebabnya apa ya dok n bgamaina cara menghilangkn nyeri atau kram trsebut?dan saya juga dokter mengalami strechmark yg lumyan parah dunx warna smpai coklat khitaman di bagian paha n bokon? bgaimna cra menghilangkannya dok n produk apa yg aman kira2?mohon jawabannya ya dokter, trimksh.

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih atas pertanyaan Anda

Kami mengerti kekhawatiran yang Anda rasakan. Pada kehamilan gejala kaki terasa kaku dan kram  termasuk normal, hal ini terutama terjadi pada trimester kedua. Hal ini dikarenakan terjadinya adanya pembengkakan pada kaki yang menekan saraf. Biasanya bertambah parah saat malam hari ketika terjadi penimbunan cairan pada bagian bawah dari anggota tubuh.

Cara mengatasinya :

  1. Kibas-kibaskan bagian tubuh Anda yang terasa kaku.
  2. Coba berbaring dan posisi kaki lebih tinggi.
  3. Gunakan sepatu yang nyaman di kaki.

Namun jika keluhan ini dirasakan sangat menganggu Anda, kami sarankan Anda melakukan konsultasi dengan dokter spesialis kebidanan dan kandungan Anda.

Mengenai topik stretch mark pernah kami bahas dalam salah satu artikel kesehatan kami. Anda dapat melihat informasi lengkapnya dalam artikel yang berjudul  Stretch Marks di Saat Hamil

 

Berikut kami lampirkan artikel untuk menambah informasi Anda:

5 Tips Atasi Kaki Bengkak Saat Hamil

6 Makanan Wajib Ibu Hamil

5 Tanda Berbahaya Ketika Masa Kehamilan

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar