Sukses

Gerakan Janin Diusia 14 Minggu
03 Nov 2015, 20:31 WIB
Wanita, 23 tahun.

saya sedang hamil 14week ... saya pernah membaca kalau janin usia 14week sudah bisa bergerak.. tapi saya hanya beberapa kali merasakan itu?? apa itu wajar?? apa masing2 ibu merasakan perbedaan? terima kasih PRENAGEN

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan. Beberapa ibu mengklaim bahwa kedutan tersebut terasa pada minggu ke-12 kehamilan. Sedangkan ibu yang lain tidak merasakan gerakan sampai usia kehamilan 20 minggu atau bahkan lebih lama lagi. Ada banyak faktor yang mempengaruhi hal ini. Ibu yang terlalu kurus atau pernah mengalami kehamilan sebelumnya umumnya merasakan gerakan janin lebih awal dari ibu yang hamil untuk pertama kali. Jika berat badan berlebih, lemak yang ada di sekitar perut dapat menyamarkan gerakan janin yang ada.

Hal lain yang perlu diperhatikan adalah posisi dari plasenta (ari-ari). Jika plasenta terletak di bagian depan rahim, ia akan berfungsi sebagai peredam getaran jika janin bergerak atau menendang. Karena itu, dibutuhkan waktu yang lebih lama dengan keadaan tersebut untuk merasakan gerakan janin saat janin sudah lebih besar dan kuat.

Jangan terlalu khawatir bila Anda belum merasakan gerakan janin. Selama Anda kontrol dengan teratur ke dokter dan dokter tidak menemukan hal yang abnormal termasuk terdengarnya denyut jantung janin berarti memang tidak ada masalah.

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat.

 

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar