Sukses

Mengatasi Mata Juling Akibat Amblyopia

07 May 2015, 13:13 WIB
Wanita, 19 tahun.

Kalo terkena Sindrom mata malas atau Amblypio dari kecil, dan ketika dewasa matanya juling. Apa bisa di obati ?

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami mengerti kekhawatiran yang Anda rasakan. Mata malas atau dalam bahasa kedokterannya di sebut dengan ambliopia yang terjadi karena penurunan ketajaman penglihatan akibat dari rangsangan pada mata yang berkurang. Karena terjadi penurunan ketajaman penglihatan, informasi yang diterima otak menjadi salah. Otak akan memprioritaskan bayangan yang datang dari mata yang sehat dan mengabaikan bayangan dari mata yang lebih lemah atau mata ambliopia.

Hal ini akan memperparah mata yang mengalami ambliopia karena mata tersebut tidak digunakan. Dengan demikian, mata akan selalu berdeviasi dan mata tersebut tidak pernah akan belajar untuk melihat dengan baik,  akibat mata tersebut selalu mendapat supresi (penekanan) pada penglihatan.  Keluhan mata juling memang dapat terjadi pada seseorang yang menderita amblyopia, namun sayang sekali penanganan strabismus ini jika dilakukan saat sudah mencapai usia dewasa hasilnya tidak memuaskan, penanganan terbaik dilakukan saat usia kanak-kanak. 

Sebaiknya Anda berkonsultasi dengan dokter spesialis mata untuk melakukan konsultasi secara langsung dan pemeriksaan lebih lanjut. 

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

    0 Komentar

    Belum ada komentar