Sukses

Alergi Bedak Wajah

10 Aug 2015, 09:54 WIB
Wanita, 24 tahun.

Dok sya saat ini sedang mengalami alergi kulit pada wajah saya karena salah menggunakan bedak sehingga menimbulkan jerawat ,dan sudah 1 tahun saya mengalami maslah ini saya sudah berobat kemana2 ,bahkan saya jg sudah ke dokter spesialis kulit namun hasilnya tidak ad perubahan, yang saya ingin tanyakan bagaimana cara saya mengobati alergi saya ini dan obat apa yang harus saya konsumsi untuk mengobati alergi jerawat saya ini Dok? Terimakasih.

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih telah menggunakan fasilitas e-konsultasi dari KlikDokter.

Alergi akibat pemakaian kosmetik dapat dikelompokkan dalam kelainan kulit yang disebut dermatitis kontak.

Dermatitis kontak adalah inflamasi / peradangan pada kulit terjadi karena kulit telah terpapar oleh bahan yang mengiritasi kulit atau menyebabkan reaksi alergi. Dermatitis kontak akan menyebabkan ruam yang besar, gatal dan rasa terbakar dan hal ini akan bertahan sampai berminggu-minggu. Gejala dermatitis kontak akan menghilang bila kulit sudah tidak terpapar oleh bahan yang mengiritasi kulit tersebut, dalam kasus ini adalah krim wajah yang Anda gunakan.

Untuk membantu mengatasi gejala sebaiknya diberikan terapi topikal dengan steroid. Terapi ini harus diresepkan oleh dokter dan dijalankan sesuai petunjuk dokter. Sementara itu yang dapat Anda lakukan adalah menghentikan penggunaan bedak wajah tersebut (menghindari pemicu), menghindari penggunaan air panas pada kulit, dan memberikan pelembab (moisturizer) pada lesi. 

Kami menyarankan Anda melakukan konsultasi langsung dengan dokter spesialis kulit dan kelamin. Dokter akan melakukan pemeriksaan langsung untuk menentukan tatalaksana yang sesuai dengan kondisi Anda. Anda juga dapat berkonsultasi mengenai jenis masker alami yang dapat anda gunakan yang disesuaikan denan kondisi kulit wajah anda saat ini.

Berikut terdapat artikel untuk menambah informasi Anda : Hindari Pemicu Dermatitis Kontak

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

 

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar