Sukses

Rahang Berbunyi Ketika Berbicara Atau Makan

02 Apr 2016, 10:28 WIB
Pria, 23 tahun.

Dok saya mau tanya, sendi rahang saya yang berada pas di depan daun telinga saya bagian kiri kenapa bila saya sedang membuka mulut seperti berbicara atau makan itu selalu berbunyi "klik" ?

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Merujuk kepada gejala yang Anda rasakan, kami menduga Anda mengalami Temporo Mandibular Disease (TMD). Kelainan pada sendi rahang (TMD/Temporomandibular Disorder) memang merupakan penyakit yang kompleks, di mana penyebab/pemicunya cukup bervariasi. 

Pertama-tama perlu diidentifikasi dulu apakah ada faktor intra oral atau faktor yang berasal dari dalam mulut Anda yang menjadi penyebab dari TMD, misalnya oklusi/penutupan gigi atas dan bawah yang tidak normal, atau ada gigi yang kontak prematur dengan gigi lawan, gigi yang kontaknya dengan gigi lawan lebih berat dibandingkan gigi yang lain, atau ada gigi tiruan yang menyebabkan peninggian gigit.

Bila sudah dapat dipastikan bahwa tidak ada faktor intraoral yang berperan dalam timbulnya kelainan yang Anda derita, selanjutnya yang perlu dicurigai adalah faktor ekstraoral dan faktor-faktor tersebut cukup banyak. Apakah "jalur" penutupan sendi rahang Anda ada masalah, atau anatomi sendi rahang memang tidak simetris, apakah terdapat kelainan otot-otot pengunyahan. Mekanisme pergerakan sendi rahang bawah terhadap rahang atas memang kompleks.

Jadi yang dapat kami sarankan adalah Anda sebaiknya juga berkonsultasi ke drg spesialis bedah mulut. Penanganannya bergantung pada penyebab TMD. Bisa membutuhkan koreksi rahang dengan cara pembedahan, bisa juga tidak. Atau bisa jadi membutuhkan perawatan orthodontik, bila kelainan berasal dari posisi gigi yang tidak normal. Berikut artikel yang kami berikan untuk menambah informasi Anda: 

Gangguan Sendi Rahang - TMD

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat.

 

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar