Sukses

Posisi Janin Kembar Dalam Kandungan

02 Apr 2016, 10:30 WIB
Wanita, 36 tahun.

Dok, kami baru USG hamil ke 4. hasil nya baru bln 7,alhmdulillah sekrg kembar,posisi head up&down.posisi yg bagus utk hamil kembar gmn Dok? utk harapan lahir normal? trims

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Dapat atau tidaknya seorang ibu untuk melahirkan secara normal pada kehamilan kembar memang banyak dipengaruhi oleh posisi janin dalam rahim.

Pada umumnya janin kembar kembar tidak besar dan cairan ketuban  lebih banyak daripada biasa, sehingga sering terjadi perubahan presentasi (bagian terbawah janin) dan posisi janin. Demikian pula letak janin kedua dapat berubah setelah kelahiran bayi pertama, misalnya dari letak lintang menjadi letak sungsang.

Berbagai kombinasi letak serta presentasi dapat terjadi. Yang paling sering ditemukan ialah kedua janin dalam letak memanjang dengan presentasi kepala (45%), kemudian menyusul presentasi kepala dan bokong (37%), keduanya presentasi bokong (10%), presentasi kepala dan bahu (5%), presentasi bokong dan bahu (2%), dan yang paling jarang keduanya presentasi bahu (0,5%).

Saat persalinan, yang menentukan apakah dapat melahirkan secara normal adalah letak anak pertama. Bila letak anak pertama memanjang, maka dapat diusahakan untuk persalinan normal. Sedangkan pada anak kedua, tindakan selanjutnya tergantung dari posisi anak kedua tersebut. Bila letaknya melintang, atau terdapat penyulit seperti lilitan tali pusat, tali pusat keluar, atau plasenta lebih dahulu terlepas (solusio plasenta), maka janin dilahirkan dengan cara operasi yaitu sectio caesar.

Untuk itu kami anjurkan anda untuk kembali melakukan pemeriksaan kehamilan 2 minggu setelah pemeriksaan terakhir agar dapat dipantau perkembangan kehamilan anda dengan baik.

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar