Sukses

Penyimpanan ASI

06 May 2015, 22:15 WIB
Wanita, 31 tahun.

Mau tnya asi yg sudah di hangatkan ke air panas kenapa sisanya gak boleh dimasukkan kembali ke dalam kulkas ? Apa alasannya ?

dr. Karin Wiradarma

Dijawab Oleh:

dr. Karin Wiradarma

Terima kasih telah menggunakan layanan e-Konsultasi Tanya Dokter KlikDokter.com.

Setelah diperah, ASI dapat bertahan selama 6 jam di udara luar, 3 hari di lemari pendingin. Berikan ASI yang telah lebih dahulu disimpan untuk diberikan kepada bayi Anda. Bila disimpan di lemari pendingin maka sebelum diberikan sebaiknya dihangatkan terlebih dahulu dengan meletakkan wadah penyimpanan ASI pada wadah lain yang berisi air hangat.

ASI sebaiknya tidak dihangatkan langsung dengan kompor atau microwave karena dapat merusak protein susu.  ASI yang sudah dihangatkan sebaiknya tidak diaduk-aduk, untuk meratakan ASI sebaiknya hanya digoyang-goyangkan saja.  Setelah  dihangatkan, sebaiknya ASI langsung diberikan dan jangan didiamkan sampai beberapa jam karena dapat terjadi pertumbuhan bakteri pada ASI. Setiap sisa ASI yang tidak dihabiskan bayi Anda, jangan disimpan kembali melainkan harus dibuang. Karena jika didinginkan kembali, dikhawatirkan ASI sudah rusak dan akan mengakibatkan efek negatif jika diminum oleh bayi.

Demikian informasi ini kami sampaikan, semoga bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar