Sukses

Patah Tulang, Bisa Sembuh Total?

02 Apr 2016, 10:34 WIB
Pria, 32 tahun.

malam dok saya pernah kecelakaan patah tulang pada bagian kaki kiri pas diatas dan dibawah lutut yg tulang diatas lutut disposisi persis dibawah tulang lutut jd lutut saya tidak bs ditekuk mksimal pertanyaan saya bisakah disembuhkan dengan operasi ortopedi dan saya bs berjalan normal sperti semula karena patahan tulang saya berada dekat dengan otot besar diblakang lutut terima kasih

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Tanya Dokter di KlikDokter.com.

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan. Pasien yang menderita patah tulang sebaiknya dibawa untuk berobat ke dokter di rumah sakit agar dapat cepat ditangani dan terhindar dari komplikasi lebih lanjut. Apalagi jika kasusnya adalah patah tulang terbuka dan terjadi pada tulang yang besar, karena sangat berisiko. Tulang patah yang tidak diterapi dengan semestinya dapat menimbulkan berbagai komplikasi, di antaranya infeksi, perdarahan, tulang bengkok karena tidak menyambung dengan sempurna, dan lain-lain. 

Jika terapi awal sudah kurang tepat, hal tersebut dapat mengakibatkan pasien terlambat mendapat pertolongan yang tepat,  berisiko mengalami komplikasi lebih parah, atau mengeluarkan uang yang lebih banyak. 

Tidak semua patah tulang akan dioperasi, tergantung dari kasusnya. Ada pula kasus yang hanya digips, tanpa operasi, tanpa rawat inap.

Lama penyembuhan patah tulang biasanya 6-12 bulan. Namun, secara keseluruhan waktu penyembuhannya bervariasi bergantung pada jenis patah  tulang (terbuka atau tertutup), jenis fraktur, lokasi patah tulang, derajat kerusakan dan perdarahannya.

Proses penyembuhan tulang dapat dibantu dengan asupan nutrisi yang tepat dengan makanan bergizi secara seimbang yang mengandung karbohodrta, lemak, protein, mineral yang cukup untuk membentuk kembali jaringan yang rusak. Penambahan suplemen kalsium, vitamin D dan vitamin C secukupnya juga diperlukan. Kalsium berperan dalam pembentukan tulang, vitamin D membantu penyerapan kalsium secara maksimal, sedangkan Vitamin C membantu produksi kolagen yang dibutuhkan untuk proses penyembuhan tulang. selain itu, sebaiknya hindari aktifitas atau gerakan yang memberikan beban terhadap tulang yang patah.

Demikianlah informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar