Sukses

Darah Kental

01 Aug 2015, 23:37 WIB
Pria, 29 tahun.

mlm Dok. sy umur 29 thn,sy mau tanya tangan sya selalu kram dan gatal... awalnya di tangan sekarang sudah menjalar ke badan dan kaki dan selalu gatal... pernah sya test darah darah sya kental skali tidak keluar itu penyakit apa DOk???

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter

Darah terdiri atas sel darah dan cairan yang disebut dengan plasma darah. Kondisi yang Kental disebut dengan polisitemia. Polisitemia adalah peningkatan konsentrasi sel darah merah melebihi normal. Hal ini dapat disebabkan peningkatan dari jumlah sel darah merah sendiri atau pengurangan dari jumlah plasma.

Penyebab dari polisitemia terbagi atas primer dan sekunder. Primer dalam hal ini adalah kondisi dimana sumsum tulang memproduksi terlalu banyak sel darah merah dan disebut dengan polisitemia vera akibat dari mutasi genetik. Kondisi ini jarang terjadi dan predileksi usia adalah usia separuh baya dan orang tua.

Polisitemia sekunder adalah kondisi dimana sumsum tulang memproduksi sel darah merah berlebih sebagai respon dari kurangnya kadar oksigen di dalam tubuh. Kekurangan oksigen dapat disebabkan oleh penyakit paru kronik seperti Penyakit Paru Obstruktif Kronik (PPOK), penyakit ginjal, sindroma cushing, hemangioblastoma, dan seseorang yang berada di ketinggian.

Satu lagi bentuk polisitemia yaitu polisitemia relatif  yang terjadi akibat beberapa hal, diantaranya adalah akibat minum alkohol terlalu banyak, obesitas, hipertensi, stress, dan dehidrasi (kekurangan cairan). Umumnya kondisi polisitemia ini hanya sementara dan dapat kembali normal asalkan penyebabnya diatasi.

Terapi yang dilakukan tergantung dari penyebab dasar dari polisitemia tersebut. Apabila penyebab polisitemia tidak diketahui, maka yang diperlukan adalah monitor teratur.oleh karena itu sebaiknya anda periksakan dahulu kondisi anda ke dokter spesialis penyakit dalam untuk mencari tahu penyebab darah kental pada anda.

Karena anda memiliki kondisi darah kental atau polisitemia maka sebaiknya jangan sembarangan melakukan tindakan yang berhubungan dengan pengeluaran darah seperti bekam. Lebih baik anda cari tahu dahulu penyebab dari kondisi darah kental anda.

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat.

 

Salam

0 Komentar

Belum ada komentar